Mahasiswa TP UNESA Gelar Pelatihan Komik Digital

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 14 Nov 2022 19:52 WIB

Mahasiswa TP UNESA Gelar Pelatihan Komik Digital

i

Pelatihan komik digital di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya, Senin (14/11/2022).

SURABAYAPAGI, Surabaya - Mahasiswa Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar pelatihan komik digital di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya, Senin (14/11/2022).

Pelatihan ini dilakukan untuk mendukung kampus Merdeka yang mengintegrasikan teori pada dunia nyata dan mengaplikasikan mata kuliah Pengelolaan Pelatihan.

Baca Juga: UNESA Sajikan Buka Puasa Gratis untuk 2500 Orang Setiap Hari

Mata kuliah ini terkait teori dan praktik mengelola pelatihan dengan berbagai macam strategi pelatihan dan sekaligus melaksanakan pada sasaran. Pelatihan komik digital bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang disukai oleh siswa.

Kepala Sekolah SDN Lidah Kulon 1 Surabaya, Lis Lestari, S.Pd, M.Si. Mengatakan dengan adanya pelatihan media yang berupa komik digital diharapkan bapak ibu guru menghasilkan media yang memudahkan siswa belajar dan menarik.

Pelatihan dilaksanakan selama satu Minggu, dengan Blended learning. Diawali dengan pertemuan tatap muka untuk melatih membuat komik digital dengan aplikasi cartoon story' maker. Tahap kedua yaitu penugasan secara online, dan tahap ketiga penyampaian hasil dan diskusi. 

Baca Juga: KJRI Jeddah Beri Amanah UNESA untuk Kembangkan Model Kurikulum Pendidikan Sekolah Urban

Siti Aminah, S.Pd, salah satu guru SDN Lidah Kulon 1 Surabaya,  menyatakan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menunjang pelajaran dan sangat menyenangkan. ‘’Saya berharap nantinya ada pelatihan lagi terkait pembuatan media dari Prodi Teknologi Pendidikan UNESA,’’ ujarnya.

Sementara itu, Dr.Fajar Arianto,M.Pd sebagai dosen pengampu mata kuliah Pengelolaan Pelatihan menjelaskan pemilihan tema pelatihan yang dilakukan mahasiswa Teknologi Pendidikan didasarkan pada analisis kebutuhan di sekolah.

Baca Juga: UNESA Gandeng Universitas Islam Madinah Perkuat Mutu Pendidikan dan Jaringan Internasional

‘’Kebutuhan kompetensi yang dibutuhkan yaitu pembuatan komik digital yang mana sesuai dengan ciri siswa pada era digital, yaitu multitasking,’’ jelasnya.

Mahasiswa yang terlibat yaitu Shelvy Verlina Dwi Rahayu, Syachriban Virgenneo, Muafi Fathi Rizki, M. Rizaldi Thoriq Firdausi yang merupakan mahasiswa semester 5.fj/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU