Majoo Solusi Masalah Bisnis Cafe

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Des 2022 14:26 WIB

Majoo Solusi Masalah Bisnis Cafe

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Dalam sebuah bisnis apa pun pasti menemui kendala dan permasalahan. Namun seberapa cepat mengatasi kendala dan permasalahan yang muncul, menjadi proses keberhasilan dalam bisnis, begitu juga dengan bisnis café.

Fakta menarik muncul dari tren terkini pada bisnis café. Sekarang ini banyak cafe yang baru buka sudah tutup, dan ada juga café yang telah lama juga mengalami hal yang sama. Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 kesalahan yang dapat merugikan bisnis café kamu, diantaranya:

  • Sumber daya manusia yang kurang baik

Manajemen SDM yang buruk adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Seringkali karena pemilik bisnis menyerahkan manajemen karyawan sepenuhnya kepada orang yang tidak memiliki pengalaman kepemimpinan.

Akibatnya, karyawan saat ini hanya bekerja sesuai dengan apa yang terjadi di depan mereka, tanpa perencanaan atau penjadwalan. Misalnya, kasir dan barista tidak selalu siap menghadapi pelanggan.

Ini umum, kasir/barista sibuk berbicara dengan rekan kerja mereka, sementara beberapa pelanggan kesulitan memilih produk yang mereka inginkan. Selain itu, kurangnya pelatihan dan transfer of knowledge antara manajemen dan karyawan.

Ini akan membuat pelanggan merasa bahwa mereka tidak dibantu dan dilayani dengan baik, dan kecil kemungkinannya mereka akan memutuskan untuk kembali. Jika demikian, tentunya bisnis kamu akan kehilangan pelanggan potensial.

  • Layanan pelanggan yang buruk

Dengan pengelolaan karyawan yang kurang baik, hal ini seringkali mempengaruhi aspek lain dari bisnis cafe yaitu pelayanan pelanggan. Layanan pelanggan selalu responsif terhadap kebutuhan pelanggan, bahkan sebelum pelanggan mengunjungi kedai kopi.

Customer service yang mumpuni akan mampu menjawab semua pertanyaan pelanggan dan mengetahui produk kopi dan menu lainnya yang dijual.

  • Menggunakan strategi bisnis yang salah

Menggunakan strategi pemasaran yang salah juga dapat menyebabkan kerugian bagi industri kopi. Pasalnya, untuk melakukan promosi dan periklanan, usaha kopi harus mengeluarkan banyak biaya. Jika anggaran yang dikeluarkan tidak meningkatkan penjualan, tentunya bisnis kamu akan mengalami kerugian.

Kesalahan umum adalah memasarkan tanpa mempertimbangkan segmentasi pasar. Misalnya, kelompok konsumen yang kamu targetkan sangat tertarik dengan informasi promo dan diskon kopi melalui media sosial Instagram.

Ketika sebuah perusahaan mencoba melakukan bisnis tanpa mengevaluasi pelanggan terlebih dahulu, hampir pasti hasilnya salah dan membuang-buang uang.

  • Perencanaan keuangan yang buruk

Kesalahan lain yang dapat merugikan bisnis kamu adalah perencanaan keuangan yang buruk. Pengaturan keuangan seperti ini bisa menjadi sumber masalah dalam bisnis. Misalnya, ketika pemilik café menggunakan uang dari café untuk kebutuhan pribadinya.

Padahal uang tersebut diperlukan untuk sirkulasi keuangan bisnis tersebut. Hal ini sering terjadi di Indonesia, banyak perusahaan merugi, bahkan beberapa di antaranya akhirnya gulung tikar.

  • Pengambilan keputusan yang tidak masuk akal secara bisnis

Banyak usaha kecil mengalami kerugian dan akhirnya gagal karena keputusan yang tidak jelas dan seringkali bias. Misalnya, seorang pemilik bisnis kopi melihat pesaing yang baru membuka cabang baru di kota X. Cabang baru itu penuh sesak dengan pelanggan.

Pemilik perusahaan, tanpa berpikir dua kali, langsung memutuskan untuk membuka cabang usaha di kota X, namun di lokasi yang jauh. Ternyata pembuat kopi di kota X tidak banyak dan pembelinya hanya bekerja untuk beberapa minggu pertama.

Akibatnya, bisnis kopi pesaing terpaksa tutup setelah beberapa bulan. Meskipun demikian, para pesaing ini telah mempertimbangkan kemungkinan melakukan ini dan telah menyiapkan rencana serta menghemat uang.

Dari beberapa masalah diatas, ternyata dapat diatasi hanya dengan menggunakan teknologi, salah satunya dengan menggunakan aplikasi majoo. Majoo Indonesia merupakan aplikasi kasir yang memiliki banyak fitur yang dapat mengatasi masalah dan kendala bisnis café kamu.

Aplikasi kasir majoo memiliki banyak fitur untuk mengatasi kendala diatas yang dihadapi oleh para pemilik bisnis café. Berikut beberapa keuntungan menggunakan aplikasi majoo untuk bisnis café kamu, diantaranya:

Pertama, memiliki fitur absensi. Jika permasalahan diatas terkait dengan karyawan, maka aplikasi kasir ini sudah bisa mengatur absensi karyawan. Sehingga SDM yang kamu miliki kedisiplinan dalam bekerja, sehingga akan meningkatkan kinerja karyawan.

Kedua, memiliki kecepatan dalam pelayanan. Karena aplikasi kasir ini bertujuan untuk memudahkan operasional bisnis, maka kamu tidak khawatir lagi dengan pelayanan yang lama. Seperti kita ketahui diatas, bahwa lamanya pelayanan dapat berakibat pada penilaian yang buruk dari pelanggan.

Dengan aplikasi kasir yang mudah digunakan, maka pelanggan sudah tidak perlu lagi antri hanya untuk memesan menu kopi atau membayar kopi. Misalnya majoo, akan membantu kamu memantau penggunaan peralatan di kafe dan memberi tahu jika ada yang berjalan dan perlu diisi ulang.

Ketiga, memiliki harga yang murah. Untuk mendapatkan layanan majoo tentu kamu harus membayar untuk menikmati kemudahan dalam mengelola bisnis café. Tapi kamu jangan khawatir dengan biaya yang harus kamu keluarkan. Karena aplikasi kasir ini tergolong murah jika dibandingkan dengan aplikasi serupa yang banyak di playstore.

Pelajari dan bandingkan dengan cermat paket yang ditawarkan oleh berbagai vendor aplikasi kasir yang banyak di pasar. Majoo menawarkan berbagai pilihan paket berbayar dengan harga mulai dari Rp 129.000/bulan. Dengan banyak pilihan paket, kamu dapat menyesuaikannya dengan anggaran kamu.

Keempat yaitu memiliki fitur yang lengkap. Selain kemudahan penggunaan, majoo juga menawarkan fungsionalitas yang komprehensif. Diantaranya adalah fitur penggajian online, fitur pemasaran, fitur karyawan, fitur CRM, fitur akuntansi, fitur analisis bisnis, fitur pemilik, dan fitur toko online.

Rencana ini dapat membantu kamu menjalankan bisnis, mulai dari perencanaan bisnis, mengelola inventaris, kehadiran karyawan, memantau kondisi bisnis, dan menghitung pengeluaran.

Selain layanan pemasaran, majoo juga membantu UKM terhubung dengan layanan digital lainnya. Ada lima layanan lain yang ditawarkan majoo, yaitu majoo Pay, majoo Capital, majoo Supplies, majoo Care, dan majoo Advertising.

Layanan majoo Pay merupakan layanan yang membantu UMKM mengakses sistem pembayaran digital. Majoo Capital adalah layanan modal. Kemudian majoo Supplies membantu UMKM untuk membeli persediaan.

Pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan majoo Care untuk mendapatkan layanan pelanggan 24 jam Terakhir, layanan Iklan majoo hadir untuk membantu UMKM meningkatkan penjualannya.

Hal terakhir yang harus kamu pertimbangkan saat memilih aplikasi untuk bisnis café adalah laporan keuangan. Dengan menggunakan aplikasi POS, maka akan banyak data yang dapat kamugunakan untuk menganalisis bisnis.

Pastikan laporan dari aplikasi POS ini memungkinkan kamu memahami data dengan mudah. Kamu bisa Cari aplikasi yang dapat menghasilkan laporan dengan tingkatan yang berbeda-beda (misalnya laporan harian, per jam atau sistem menu), pastikan juga dapat mengekspor laporan tersebut dalam format cetak.

Selain itu, kamu harus pelajari juga cara mengatur data pelaporan sehingga kamu dapat melakukan analisis, seperti mengidentifikasi menu mana yang paling laku pada hari-hari tertentu.

Itulah beberapa solusi dan manfaat yang diberikan aplikasi kasir majoo untuk mengelola bisnis café kamu. Selamat mencoba!. by

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU