Makin Pedas Rp 120 Ribu per Kg, Harga Cabai Bisa Tembus Rp 150 Ribu per Kg

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 13 Nov 2023 09:59 WIB

Makin Pedas Rp 120 Ribu per Kg, Harga Cabai Bisa Tembus Rp 150 Ribu per Kg

i

Ilustrasi pedagang cabai di beberapa pasar. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Harga cabai terpantau semakin mahal di sejumlah daerah. Beberapa hari terakhir masih Rp 100 ribu per kg, namun kini melonjak lagi menjadi Rp 120 ribu per kg. Harga cabai mahal juga terjadi di daerah lainnya selain DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Diketahui, kenaikan harga cabai tersebut dipicu pasokan yang makin minim dipengaruhi produksi cabai di daerah penghasil belakangan berkurang akibat gagal panen. Selain itu, juga terjadi akibat tinggi biaya logistik pengiriman cabai dari daerah penghasil ke Tanjungpinang, baik melalui transportasi laut maupun udara.

Baca Juga: Mayoritas Bakul Sayur di Surabaya, Siasati Trik Tingginya Harga Cabai

Mengutip Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), harga cabai rawit merah di DKI Jakarta sebesar Rp 90.200 per kilogram. Harga tertinggi ada di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat dengan patokan harga Rp 100.000 per kg. Sedangkan di Jawa Barat harga rata-rata cabai sekitar Rp 83.600 per kg. 

Harga cabai makin pedas di Kepulauan Bangka Belitung dengan harga rata-rata cabai sebesar Rp 105.520 per kg. Harga tertinggi ada di Pangka Pinang dan Bangka Barat dengan Rp 120.000 per kg dan Rp 117.000 per kg.

Sebelumnya, Harga cabai rawit sangat pedas di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Harga cabai rawit di daerah tersebut melambung tinggi hingga tembus Rp 110 ribu per kilogram (kg).

Baca Juga: Harga 'Pedas' Cabai Masih Membara, Kepala Dinas Pertanian Jatim Ungkap Produksi Turun Jadi Penyebab

"Biasanya harga cabai setan sekitar Rp 60 ribu per kg, tapi belakangan sudah naik menjadi Rp 110 ribu per kg," kata Rika, seorang pedagang di pasar Bintan Center, Tanjungpinang.

Sementara itu, menurut pedagang cabai di Pasar Kebayoran Lama, Aris memprediksi harga cabai akan terus mengalami kenaikan. 

"Sekarang cabai rawit merah udah Rp100 ribu dari sebelumnya Rp45 ribu, ini kemungkinan akan tembus Rp150 ribu, naik mulu soalnya. Nanti naik Rp120 ribu terus naik lagi, biasanya sih begitu. Ini harga udah setengah bulan di angka Rp100 ribu," katanya, Senin (13/11/2023).

Baca Juga: Harga Cabai Masih Pedas di Awal Tahun 2024, Zulhas: Tidak Perlu Khawatir

Meskipun, imbas kenaikan harga cabai tersebut membuat penjualannya kini mulai menurun, namun tidak terlalu drastis turunnya. Ia pun juga berharap bahwa bahan pangan tersebut tidak langka sehingga Ia bisa tetap berjualan.

"Ya pengennya sih lancara aja lah, walaupun barang pada mahal. Barang ada yang beli ada meski sedikit," katanya. sb-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU