Maling Motor Dimassa Usai Minta Tolong Tetangga Korban

Khisom Maulana, pelaku curanmor saat menjalani pemeriksaan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Apes dialami  Khisom Maulana. Tak hanya gagal mencuri motor dan masuk penjara, warga Desa Kebonrejo, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan itu pun babak belur jadi bulan-bulanan warga.

"Tersangka kami amankan karena mencuri motor milik warga," kata Kapolsek Winongan, AKP Agus Purnomo, Kamis (3/6/2021).

Kepada polisi, pelaku yang menggunakan Honda Scoopy miliknya mencari sasaran motor. Setelah mendapatkan incaran, pelaku kemudian memakirkan motornya di salah satu minimarket.

Tersangka kemudian berjalan kaki dan mencuri motor Honda Vario 125 terparkir di teras rumah korban.

Suasana kampung yang sepi dan kunci motor yang masih menancap, membuat pelaku dengan mudah menggondolnya. Sementara korban yang saat itu tengah sibuk di dalam rumah, tidak menyadarinya.

"Setelah mendorong motor korban hingga ke jalan raya, tersangka tidak bisa menstater motor yang dicurinya. Ia pun lantas meminta bantuan orang di tepi jalan. Apesnya, orang itu (saksi) adalah tetangga korban," ungkapnya.

Saksi yang mengenali ciri-ciri motor korban, berpura-pura tidak bisa menolong dan kemudian beranjak mendatangi rumah korban.

Tetangga itu kemudian mendatangi rumah korban dan menanyakan keberadaan motornya. Mereka kemudian bersama-sama mengejar tersangka.

Pelaku kemudian ditemukan di depan kantor KUA Winongan yang jaraknya sekitar 30 meter dari lokasi. Tersangka yang ketakutan kemudian bersembunyi di belakang Masjid Bandaran hingga tertangkap. Pelaku kemudian dihajar warga.

Polisi yang mendapat laporan kemudian mendatangi lokasi dan mengamankan pelaku dari amukan warga.

"Motifnya ekonomi. Tersangka mengaku baru sekali ini mencuri motor," tandasnya.