MAN Surabaya Siapkan Siswa untuk Hadapi SNMPTN 2021

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 19 Feb 2021 20:00 WIB

MAN Surabaya Siapkan Siswa untuk Hadapi SNMPTN 2021

i

Caption: Madrasah Aliyah Negeri Surabaya .SP/AHMAD REZA

SURABAYA PAGI, Surabaya - Pendaftaran SNMPTN untuk tahun 2021 sudah mulai dibuka sejak, Senin (15/2/2021) lalu. Sebelumnya sekolah telah menyeleksi siswa sesuai dengan peringkat untuk mengetahui siapa saja yang bisa mengikuti SNMPTN. Siswa setingkat SMA, SMA, MA mulai bersiap untuk memilih tujuan perguruan tinggi negeri yang diminati.

Nazilatul Alfi (18) salah satunya, Siswa Madrasah Aliyah Negeri Surabaya ini mengaku telah mulai mempersiapkan diri untuk mendaftar di jalur SNMPTN. Siswa kelas 12 MIPA ini mengatakan telah menentukan pilihan perguruan tinggi negeri mana yang ingin ditujunya.

Baca Juga: Tak Hadir UTBK, Peserta Dianggap Gagal

“Saya sendiri sudah menentukan pilihan, inginnya ya di Unesa jurusan bahasa Jerman kalau tidak mungkin Inggris,” ujarnya dengan penuh semangat, Jum’at (19/2/2021).

Pilihan Alfi tersebut bukan semata-mata mudah, ia mengungkapkan jika dirinya sering berkonsultasi kepada para guru di sekolahnya. Menurutnya peran sekolah dalam menentukan jurusan itu sangat penting, untuk bisa tahu data alumni diterima di perguruan tinggi negeri mana saja. Alfi mengungkapkan data tersebut menjadi acuan bagianya untuk menentukan pilihan di SNMPTN tahun ini.

“Selain data itu saya juga dapat strategi dalam menentukan PTN mana yang akan saya ambil agar bisa lolos di SNMPTN. Saya juga tanya-tanya ke beberapa kakak kelas serta alumni menyelenggarakan semacam expo campus untuk kami,” jelas Alfi.

Walau begitu Alfi merasakan kekhawatiran tidak lolos dalam SNMPTN 2021 ini. Ia mengatakan jika belum ada persiapan lebih lagi untuk tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di bulan April nanti.

SNMPTN 2021 ini berlangsung mulai 15 Februari 2021 hingga 24 Februari 2021 ini ada perbedaan khususnya dalam pemilihan perguruan tinggi negeri. Jika pada SNMPTN 2020 siswa dapat bebas memilih universitas negeri mana yang ingin dituju, sedangkan pada SNMPTN 2021 ini siswa hanya bisa memilih perguruan tinggi negeri yang masih satu provinsi dengan sekolahnya. Kemudian untuk kuota siswa yang bisa mengikuti SNMPTN 2021 ini masih sama yaitu, untuk akreditasi A ada 40 persen, Akreditasi B ada 25 persen dan untuk Akreditasi C ada 5 persen.

Baca Juga: Jatim, Paling Banyak yang Diterima di PTN

Enni Subchandini, Kepala Bagian Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri Surabaya, mengatakan MAN Surabaya terakreditasi A dan mendapatkan kuota 40 persen untuk mengikuti SNMPTN. Ia mengungkapkan persiapan sudah dilakukan mulai dari mendaftar di LTMPT agar siswa bisa memilih perguruan tinggi negeri dari jalur SNMPTN.

“Dari 411 siswa di tahun pelajaran 2020-2021 ini ada sekitar 165 siswa yang dapat mengikuti SNMPTN. 165 siswa ini dipilih berdasarkan rangking paralel nilai rapor selama lima semester. Saat ini belum semua mendaftar, tapi anak anak sudah memegang akun.,” ujar Enni, Jum’at (19/2/2021).

Enni menjelaskan sosialisasi terkait SNMPTN di MAN sendiri sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu. Akan tetapi menurutnya sosialisasi pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena adanya pandemi. Sehingga tahun ini sosialisasi SNMPTN dilakukan secara daring oleh pihak MAN.

Baca Juga: Lolos SBMPTN, Wajib Cermati Informasi PTN Terpilih

“Jika offline sebelumnya kami masih bisa maksimal dengan masuk ke kelas-kelas. kalaupun kesini ya gak bisa banyak. Akhirnya sosialisasi juga bimbingan menggunakan daring dan dijadwal gantian tiap kelas,” ujarnya.

Kepala Bagian Kurikulum MAN Surabaya ini mengungkapkan jika pihak sekolah telah mendata dari beberapa siswa yang telah memilih perguruan tinggi negeri. Menurutnya selain sebagai arsip sekolah juga bisa membantu siswa untuk tidak salah memilih perguruan tinggi negeri.

“Harapan saya ya mudah-mudahan banyak yang lolos setidaknya lebih banyak lali dari tahun kemarin. Sebenarnya tahun kemarin banyak siswa sini yang lolos di pilihan pertama. Salah satunya ada yang diterima di Kedokteran Unair melalui SNMPTN,” pungkasnya. Arb

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU