Manajemen Persebaya Sambut Positif Hasil RUPS PT LIB

Manajer Persebaya Yahya Alkatiri.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Manajemen Persebaya memberikan tanggapan positif terkait  hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Liga Indonesia Baru (LIB) yang telah dilaksanakan di Jakarta, Selasa (15/11/2022) lalu.

Hal ini karena telah ditetapkan jajaran direksi baru yang akan mengelola kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia.

Manajer Persebaya Yahya Alkatiri, menyatakan bahwa Persebaya mendukung langkah-langkah perbaikan sepak bola Indonesia.

“Di Persebaya sendiri, hasil RUPS adalah perkembangan positif dari PT Liga itu sendiri, yaitu direksi semuanya sudah diisi, sudah lengkap semua,” kata Yahya pada Rabu (16/11/2022).

Adapun RUPS menetapkan Ferry Paulus yang sebelumnya sebagai Direktur Olahraga Persija Jakarta sebagai Direktur PT LIB. Selain itu, ada nama Munafri Arifuddin yang ditetapkan sebagai direktur. Sedangkan jabatan Direktur Operasional tetap diemban Sudjarno.

Kemudian, di jajaran komisaris, Juni Ardianto Rahman yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI masih menempati kursi komisaris utama. Lalu, Yabes Tanuri (Bali United), Ponaryo Astaman (Borneo FC), Ardian Satya Negara (Dewa United) dan Roofi Ardian (RANS Nusantara FC) diangkat sebagai komisaris.

Saat disinggung dengan nama-nama tersebut, Yahya menjelaskan mendukung kinerja mereka ke depan.

“Kami mendukung langkah direksi baru untuk menjalankan liga. Yang jelas kami mendukung perbaikan sepak bola nasional,” ujarnya.

Kendati demikian, Yahya mengaku ada tuntutan Persebaya yang masih belum dipenuhi. Namun, ia tak khawatir karena tuntutan tersebut akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Bajul Ijo punya tiga poin di mana salah satunya menyinggung mengenai golden share yang dimiliki PSSI. Menurutnya, hal ini tidak bisa dilakukan secara berbarengan, melainkan bertahap.

“Jadi gini kalau yang di RUPS kan bahasannya di RUPS ya, kalau di KLB nanti ada sendiri. Itu dua bagian yang terpisah,” jelas Yahya Alkatiri.

Namun, ia menyatakan bahwa hasil dari RUPS itu menjadi langkah awal yang baik untuk masa depan sepak bola Indonesia.

“Tapi itu sudah ada langkah, tinggal pertemuan selanjutnya untuk mencapai yang ada yang kurang-kurang sedikit,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yahya menilai bahwa langkah awal perbaikan sepak bola tanah air adalah segera berlangsungnya liga.

Dalam pembahasan RUPS kemarin, memang belum dibahas soal dimulainya kembali lanjutan kompetisi. Hal itu akan dibahas selanjutnya dalam waktu dekat.

"Semoga ini bisa berlanjut untuk perbaikan sepak bola nasional secara keseluruhan," pungkasnya. sb