Manajer Persebaya: TC adalah Program Pembodohan!

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Feb 2023 16:54 WIB

Manajer Persebaya: TC adalah Program Pembodohan!

i

Manajer Persebaya. Foto: Yahya Altakiri. Foto: Persebaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Manajer Persebaya Surabaya Yahya Alkatiri menilai bahwa penyelenggaraan pemusatan latihan atau training camp (TC) jangka panjang Timnas Indonesia U-20 merupakan pembodohan yang harus diberantas. Menurutnya, TC jangka panjang merupakan cara kuno yang sudah ditinggalkan di berbagai negara maju.

“Justru pembodohan TC jangka panjang harus diberantas, ayo ketemu dengan klub, diskusi, TC jangka panjang enggak efektif, pemain matang di TC itu jarang, di seluruh dunia cara itu sudah ditinggalkan,” kata Yahya Kamis (9/2/2023).

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

Selain itu, menurutnya, program seperti ini tidak efektif untuk para pemain liga profesional. Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong, kaya Yahya, seharusnya melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para klub liga profesional seberapa penting fungsi training camp.

“Seharusnya Shin ini bertemu dengan perwakilan para klub membahan secara fungsi apakah tc jangka panjang ini efektif karena di luar negeri sudah tidak ada program seperti ini dan sudah tidak dipakai. Nah apakah jika tetap dipakai apa tidak pelanggaran,” ujarnya.

Yahya menilai, pelatih asal Korea ini hanya sibuk dengan trainning campnya saja. Menurutnya, Shin Tae Yong juga harus lebih produktif agar lebih mengerti langkah yang diambil untuk timnas Indonesia.

“Kita tahulah bukan rahasia umum selama ini STY sibuk dengan trainning campnya saja. Dan sekali lagi itu melanggar namanya masalah pemanggilan pemain di FIFA.,” tuturnya.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

Ia juga menyebut TC jangka panjang tidak akan menghasilkan prestasi.

“Kalau kami gini, TC jangka panjang ini harus dievaluasi total, kita sudah berapa kali TC jangka panjang, tapi prestasi paling maksimal itu tahun 1991 (SEA Games),” ucapnya

Manajer Persebaya itu  menganggap bahwa TC jangka panjang bagi pemain yang mendapat menit bermain di klub bukan pilihan bijak. Pasalnya, lanjut Yahya, menilai pemain akan cepat berkembang saat dimainkan di kompetisi.

Baca Juga: Sudah Dibantu Gol Hantu, Persebaya Gak Bisa Menang

 “Pemain yang di TC itu enggak akan sematang pemain yang berkompetisi, contohnya Persebaya, kenapa di Persebaya bisa pemain muda cepat naik? Ya karena pemain-muda muda Persebaya digemblengnya di kompetisi internal, di klub lain enggak ada seperti itu,” tukasnya.

“Seharusnya kalau kamu pelatih timnas kamu lakukan scouting kamu latih mereka diracik seperti apa dan digabungkan yang sudah matang di kompetisi dengan yang belum berpengalaman itu yang paling baik,” tutupnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU