Manfaat BBM Berteknologi Shell Bagi Kendaraan Bermotor

Shell menggelar diskusi mengenai manfaat dan pengaruh bahan bakar minyak (BBM) berteknologi Shell bagi kendaraan bermotor, Selasa, (7/6/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Sebagai salah satu alternatif penyedia bahan bakar di Indonesia, Shell menggelar diskusi mengenai manfaat dan pengaruh bahan bakar minyak (BBM) berteknologi Shell bagi kendaraan bermotor, Selasa (7/6/2022).

Colin Chin selaku Shell fuel Scientist mengatakan, hasil penelitian dari para ilmuwan Shell mengungkapkan bahwa performa mesin sebenarnya tidak hanya bergantung pada kadar oktan (untuk bensin) atau setana (untuk diesel) saja.

“Hal penting lainnya adalah kemampuan bahan bakar dalam mempertahankan kebersihan mesin dari endapan,” kata Colin.

Jika beberapa bagian kritis mesin seperti katup salur masuk dan injektor bahan bakar terselimuti oleh endapan yang tebal, hal ini akan menghambat aliran dan proses injeksi bahan bakar ke mesin. Pengguna kendaraan bermotor juga tidak disarankan untuk menggunakan bbm dengan oktan di bawah kadar oktan yang direkomendasikan pabrikan untuk menghindari mesin mobil menggelitik.

Shell V-Power mengandung zat aditif pembersih endapan yang efektif untuk membersihkan bagian kritis mesin untuk performa dan efisiensi yang lebih tinggi. Shell V-Power sebaiknya digunakan secara rutin untuk menjamin kebersihan dan performa mesin dalam kondisi optimal senantiasa.

Colin juga menambahkan, bahwa penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan tidak memiliki efek negatif, Bahkan mesin modern dapat mengoptimalkan performanya dengan oktan tinggi karena mempunyai perangkat engine management system.

Menurut hasil penelitian dari Shell, BBM oktan tinggi yang disertai dengan zat aditif seperti Dynaflex, justru berpengaruh baik terhadap kinerja semua jenis mesin kendaraan bermotor, termasuk mesin mobil tua.

Kandungan Dynaflex yang terdapat pada bahan bakar Shell telah terbukti secara ilmiah mampu membersihkan endapan pada mesin kendaraan bermotor, yang lebih banyak terlihat pada mobil tua. Ketika Dynaflex sudah membersihkan kendaraan dari endapan yang menyelimuti mesin, maka serapan bahan bakar akan lebih optimal dan tidak ada bahan bakar yang tertinggal di mesin sehingga membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

“Salah satu penyebab borosnya bensin adalah karena bagian kritis mesin (seperti katup salur masuk dan injector injeksi langsung) yang kotor karena penggunaan BBM yang tidak mengandung zat aditif pembersih endapan yang kuat pada saat digunakan,” Ungkap Colin.

Shell Super dirancang untuk membantu mencegah terbentuknya endapan, membentuk lapisan pelindung di bagian penting mesin, dan mengurangi gesekan pada mesin, memformulasikan Shell V-Power untuk membantu membersihkan endapan yang menyebabkan penurunan performa, mengurangi gesekan sekaligus membantu mengembalikan performa mesin agar kembali maksimal.

“Selain itu, bahan bakar Shell bekerja mengikis kerak atau kotoran pada mesin mobil tua. Untuk kendaraan dengan mesin diesel, kami mengembangkan Shell Diesel Extra yang dilengkapi molekul pembersih (Dirt Busting Molecules) yang mencegah terbentuknya endapan pada injektor diesel untuk menjaga performa dan efisiensi mesin diesel.” Imbuhnya.

Kedua jenis bahan bakar Shell yakni Shell Super dan Shell V-Power sama-sama mengandung formula Dynaflex untuk membersihkan bagian kritis mesin dan mengurangi gesekan mesin.

Akan tetapi, efektivitas keduanya memiliki perbedaan, yaitu Shell Super dirancang untuk mencegah terbentuknya endapan pada mesin dan juga mengandung formula pengurang gesekan (friction modifier) baru untuk meningkatkan efisiensi mesin, Sementara Shell V-Power dirancang untuk pembersihan yang lebih kuat dan mengandung tiga kali lebih banyak pengurang gesekan (friction modifier) dibanding Shell Super, untuk memberi performa dan efisiensi yang lebih tinggi.

Cholin Chin juga menambahkan untuk kendaraan mesin diesel, Shell Diesel Extra telah diformulasikan untuk memenuhi spesifikasi bahan bakar kendaraan di Indonesia. Shell Diesel Extra diformulasikan untuk mengurangi endapan pada injektor dan melindungi mesin dari korosi dan mengurangi busa pada saat pengisian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain mencegah mesin dari korosi, Shell Diesel Extra juga mampu memaksimalkan performa dan efisiensi mesin kendaraan bermotor.