Manfaat dan Cara Memilih Wearpack Safety

Jual wearpack

SURABAYAPAGI,Surabaya - Wearpack safety adalah baju khusus yang digunakan ketika melakukan tugas tertentu yang mengandung resiko menengah sampai resiko tinggi baik resiko kotor atau resiko lain yang lebih membahayakan tubuh. Wearpack atau coverall memiliki manfaat tertentu. Berbagai manfaat coverall pada dunia kerja membuatnya menjadi termasuk salah satu peralatan wajib untuk keselamatan kerja. 

Coverall biasanya terdiri dari dua jenis yaitu terpisah dan terusan. Pemilihan model disesuaikan dengan kenyamanan dan keamanan lingkungan kerja. Bahan yang digunakan untuk pembuatan coverall juga beraneka ragam dimulai dari katun sampai dengan bahan tahan api seperti aramid atau nomex yang memberikan perlindungan extra untuk anda ketika sedang bekerja. 

Berbagai Manfaat Wearpack Safety pada Dunia Kerja 

Sebagai salah satu peralatan wajib untuk memberikan dukungan keselamatan kerja, jual wearpack memiliki banyak manfaat untuk karyawan. Tidak hanya sekadar membuat perlindungan, wearpack juga menawarkan bermacam manfaat lain yang harus diketahui. Berikut ini beberapa manfaat penggunaan wearpack ketika sedang bekerja: 

1. Membuat Perlindungan pada Tubuh 

Manfaat pertama dan yang paling penting dari penggunaan wearpack ketika bekerja adalah membuat perlindungan tubuh. Semuanya tertutup oleh wearpack dimulai dari sisi leher sampai dengan kaki. Ini memungkinkan anda untuk bekerja dengan semakin aman karena meminimalisir kontak antara permukaan kulit dengan beberapa hal yang kemungkinan akan memunculkan bahaya. 

Terlebih jika anda bekerja pada lingkungan yang mudah tersulut api karena itu penggunaan wearpack memberikan manfaat yang penting. Wearpack untuk tempat kerja tersebut umumnya dibuat dari bahan yang tahan api hingga badan anda akan terlindung dari percikan api atau dari uap panas yang mencelakakan keselamatan. 

2. Menjaga Tubuh Masih Tetap Bersih 

Ketika menggunakan wearpack, sebagian besar tubuh anda akan tertutupi oleh baju tersebut. Dengan demikian, tubuh anda tetap bersih karena wearpack membuat perlindungan tubuh anda dari kotoran yang kemungkinan melekat. Karyawan bengkel juga dianjurkan menggunakan wearpack untuk menjaga tubuh dari kotoran, percikan oli dan sebagainya yang mengakibatkan kotor. 

3. Memberikan Kenyamanan 

Tidak sekedar membuat perlindungan, wearpack berguna juga untuk memberikan kenyamanan ketika bekerja. Khususnya wearpack yang dibuat berbahan katun sehingga baju keselamatan itu menyerap keringat dengan baik dan tidak panas ketika digunakan. Maka anda bisa bebas melakukan aktivitas tanpa terganggu oleh baju yang nyaman atau terasa tidak nyaman. 

Kenyamanan didatangkan oleh model wearpack one piece atau terusan. Tidak seperti mode celana yang dapat turun ketika digunakan, wearpack one piece lebih ringkas karena celana dan pakaian tersambung menjadi satu. Maka anda tidak perlu cemas kalau celana akan turun jika harus jongkok dan berdiri berkali-kali. 

4. Sebagai Identitas 

Perusahaan biasanya punya desain wearpack khusus yang memiliki tujuan untuk membandingkan beberapa pekerjanya. Dengan kata lain, wearpack sangat berguna sebagai identitas untuk perusahaan atau pegawai. Dengan menggunakan wearpack sama sesuai dengan ketetapan, anda bisa membandingkan tingkat karyawan, divisi, atau asal perusahaan dari model dan warna wearpack yang digunakan. 

5. Mempermudah Penglihatan pada Malam Hari 

Beberapa jenis wearpack dilengkapi dengan reflector hingga tampak bercahaya ketika berada di tempat gelap atau ketika malam hari. Dengan menggunakan wearpack tersebut, anda menjadi lebih mudah kelihatan sampai dengan meminimalisir beberapa hal yang tidak diharapkan ketika bekerja. 

Tips Penggunaan Wearpack yang Aman

1

Pemilihan bahan wearpack harus memperhitungkan kemungkinan bahaya yang dialami pekerja 

2

Pakaian keselamatan kerja harus sesuai ukuran dan tidak menghalangi kerja agar gerakan bisa lebih fleksibel 

3

Jangan menggunakan pakaian longgar atau dasi khususnya ketika mendekati mesin yang sedang berjalan 

4

Ketika bekerja di area yang rawan ledakan, sebaiknya jangan gunakan bahan yang mudah terbakar

5

Gunakan baju dengan panjang lengan yang sesuai dengan pekerjaan 

6

Jangan memasukkan benda yang tajam, runcing dan bahan mudah terbakar dalam kantong pakaian kerja 

7

Tenaga kerja yang menghadapi partikel mudah terbakar dilarang mengggunakan pakaian kerja yang memiliki kantung 

 Cara Memilih Bahan Wearpack yang Sesuai dengan Kebutuhan 

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih wearpack kerja yang tepat sesuai dengan potensi bahaya yang ada di area kerja anda. Apa saja itu? 

  • Bahan Pembuatan Coverall 

Sama seperti memilih alat pelindung diri yang lain, bahan juga menjadi pertimbangan penting ketika memilih coverall. Bahan coverall yang baik harus bisa melindungi pekerja dari dampak bahaya yang ada di area kerja dengan maksimal. 

Bahan wearpack sangat beragam. Ada yang terbuat dari bahan TC (Teteron Cotton) yang merupakan campuran dari cotton combed 35% dan polyester 65%. Meskipun bahan TC memiiliki kualitas yang baik namun tetap saja wearpack dengan bahan 100% katun memberikan kualitas yang paling baik dalam menahan dampak bahaya. Bahan ini biasanya digunakan untuk potensi bahaya  rendah misalnya tidak terpapar bahan kimia atau terkena paparan api. 

Wearpack biasanya dibuat dari bahan khusus untuk yang potensi bahaya tinggi. Misalnya anda bekerja pada area panas, penggunaan coverall berbahan anti api sangatlah dianjurkan. Oleh karena itu, pemilihan bahan wearpack harus disesuaikan dengan tipe pekerjaan atau bahaya di area kerja agar fungsi coverall sebagai pakaian pelindung menjadi lebih maksimal. 

  • Kualitas Produsen 

Selain kualitas bahan, kualitas perusahaan pembuat wearpack juga berperan penting dalam menghasilkan wearpack berkualitas tinggi secara umum. Produsen pakaian pelindung yang benar-benar akan memeriksa kualitas bahan, jahitan, kekuatan bahan dalam menahan dampak bahaya hingga finishing selama proses manufaktur. Pilihlah produsen dengan produk wearpack terbaik untuk memberikan perlindungan maksimal pada pekerja. 

  • Daya Tahan 

Untuk mengetahui kemampuan wearpack dalam menahan dampak bahaya, produsen biasanya melakukan pengujian coverall dalam menahan dampak bahaya lebih dulu. Kemudian baru terlihat apakah wearpack yang diproduksi bisa bertindak sebagai pelindung dari potensi bahaya atau tidak. 

  • Desain Coverall 

Kenyamanan dan tingkat perlindungan menjadi factor utama ketika memilih coverall. Pakaian dengan kualitas buruk dalam menahan dampak bahaya dan membatasi gerakan pekerja bisa mempengaruhi kemampuan pekerja tersebut dalam melaksanakan pekerjaan dan mengakibatkan cedera karena tingkat perlindungan yang kurang maksimal. 

Untuk itu, anda sebaiknya memilih wearpack dengan desain yang nyaman. Anda juga bisa memilih model wearpack dengan fitur tambahan seperti dilengkapi oleh banyak saku agar anda mudah menjangkau alat-alat kerja untuk efisiensi ketika beraktivitas. 

 WhatsApp_Image_2021-10-27_at_10.20.50

wearpack keren

FAQ 

Apa nama lain dari wearpack? 

-Wearpack juga dikenal dengan nama baju safety, baju coverall, baju katelpak, baju lapangan, baju mekanik, baju bengkel, baju kerja proyek, baju safety tambang, baju safety K3. 

Apa fungsi reflector pemantul cahaya yang terpasang pada pakaian kerja? 

-Baju proyek juga bisa dibuat senyaman mungkin apalagi jika digunakan seharian penuh. Ditambahkan dengan alat pemabntul cahaya atau reflector untuk bidang pekerjaan pada ruangan yang redup atau ketika malam hari sehingga berguna sebagai penerangan ketika dalam keadaan gelap. 

*)Konten itu ditulis oleh Core Freelancers, jasa pembuatan website untuk bisnis anda.