Manfaat Konsumsi Air Rebusan Ketumbar di Pagi Hari

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 22 Agu 2021 10:06 WIB

Manfaat Konsumsi Air Rebusan Ketumbar di Pagi Hari

i

Rebusan air ketumbar. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Ketumbar biasanya banyak digunakan untuk membumbui berbagai masakan di Indonesia, namun ketumbar juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan karena memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, kalsium, magnesium, hingga kalium yang berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat yang didapat lebih efektif jika di minum di pagi hari dan dapat memberi efek samping yang berbeda-beda pada masing-masing orang, tergantung dengan usia pengonsumsi. Air rebusan ketumbar jika dikonsumsi di pagi hari dapat mencegah berbagai penyakit, salah satunya dapat mengontrol kolesterol.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Cara mendapatkan manfaat ini cukup mudah, bisa dengan menyangrai ketumbar terlebih dahulu kemudian baru direndam semalaman. Selain itu, bisa juga dengan menyangrai ketumbar kemudian merebusnya, hal ini bisa dilakukan jika ingin mengonsumsi air rebusan dengan kondisi hangat.

Salah satu cara mengontrol kolesterol yang cukup efektif adalah minum air ketumbar di pagi hari. Ketumbar memiliki sifat antioksidan yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah manusia. Tentu saja, manfaat ketumbar ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya setiap pagi.

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Selain itu, juga dapat mengatasi susah buang air besar atau konstipasi menjadi salah satu kondisi yang biasa dialami setiap orang. Biasanya, konstipasi terjadi karena usus menyerap terlalu banyak air dari kotoran atau feses. Sehingga, hal ini membuat feses menjadi kering dan susah dikeluarkan dari tubuh. Air ketumbar juga mampu mengatasi sindrom iritasi pada usus besar, diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan.

Air ketumbar juga mampu mengobati sakit gigi karena kandungan sifat anti bakteri pada ketumbar berperan penting untuk mencegah sakit gigi. Dengan mengonsumsi air ketumbar di pagi hari, mampu menurunkan risiko sakit gigi.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Manfaat minum air ketumbar di pagi hari selanjutnya, yaitu mengatasi diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada ketumbar berperan penting untuk menurunkan kadar gula darah. Dengan minum air ketumbar di pagi hari, Anda akan mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Selain itu, air ketumbar juga dipercaya mampu meremajakan kulit dan mengatasi wajah berminyak.Tentu saja, manfaat ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU