Manfaatkan Limbah Karung Goni Jadi Peluang Bisnis Kerajinan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jul 2021 12:12 WIB

Manfaatkan Limbah Karung Goni Jadi Peluang Bisnis Kerajinan

i

Fatmalia Yulinda dengan kerajinan tangan dari karung goni. SP/ MDN

SURABAYAPAGI.com, Madiun - Kerajinan tangan dari karung goni pun dapat dijadikan sebagai peluang usaha, salah satunya adalah Fatmalia Yulinda yang merupakan pelaku usaha asal Kota Madiun berhasil mengubah karung goni bekas pakai di pasar milik tetangga, menjadi kerajinan tangan yang berguna dan menawan.

Usaha kerajinan karung goni yang masih terbilang cukup jarang di daerahnya menjadikan Fatmalia berinovasi untuk menjadikannya sebagai peluang usaha.

Baca Juga: Pemkab Madiun Serahkan Bantuan RTLH 550 Unit

Berkat keterampilannya dalam memanfaatkan karung goni bekas kini karyanya memapu menjadi menjadi tas berbagai ukuran, dompet hingga suvenir.

“Di sini masih jarang produk dari karung goni yang dijadikan kerajinan tangan. Makannya saya pilih untuk dijadikan kerajinan tangan. Selain itu, karung goni juga memiliki tekstur dan material yang unik,” katanya.

Usaha kerajinan tangan dari karung goni tersebut, Ia bangun bersama sang suami, Yusuf. Dimulai dari memilah kain karung goni terbaik, mencuci, merebus, menjemur hingga menjahit dilakukannya bersama suami.

Baca Juga: Gelar Bazar Ramadhan Berkah di Tiga Kecamatan

Proses pengerjaannya pun memakan waktu yang cukup lama sebab dikerjakan sendiri. Biasanya, untuk tas berukuran 40 sentimeter x 35 sentimeter diperlukan waktu 2 hari hingga 3 hari untuk membuatnya.

Hasil yang didapatkan melalui kerajinan tangan tersebut terbilang cukup menguntungkan. Dalam sebulan, mereka mampu mendapat ratusan pesanan. Harga jual kreasinya pun beragam mulai dari Rp75.000 hingga Rp250.000.

Baca Juga: Angka DTKS di Madiun Turun Jadi 348.912 Jiwa

Dengan usaha kerajinan tangan karung goninya ini, Fatmalia juga berharap usahanya dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

“Kain goni ini yang kami ambil ini kan hasil daur ulang. Kami berharap bisa turut berpartisipasi dalam menjaga keberlangsungan lingkungan agar tetap asri dan mengurangi limbah,” ungkapnya. Dsy7

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU