Mantan Miss Indonesia yang Kini Jadi Tentara Amerika Serikat

Kristania Virginia Besouw. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Lama tak terdengar kabarnya, Kristania Virginia Besouw atau akrab disapa Kristy dikenal sebagai mantan Miss Indonesia 2006, kini mewakili Indonesia di ajang Miss World 2006 yang digelar di Polandia. Ia pun kini juga sudah tak lagi menjadi Warga Negara Indonesia karena memutuskan untuk pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Amerika. Selain itu ia pun bergabung dengan US Army sejak 28 Oktober 2014.

Kristy meninggalkan Indonesia untuk terbang ke Los Angeles, Amerika Serikat, setahun setelah kemenangannya sebagai Miss Indonesia 2006. Dia berangkat ke AS dengan turis visa pada 2007, menyusul mamanya yang sudah lebih dulu tinggal di Negeri Paman Sam.

"Tujuannya memang untuk mulai hidup baru. Aku suka berpetualang, look for new opportunities and learn about life in general. Waktu itu mama sudah duluan tinggal di USA, jadi aku nggak susah ambil keputusannya," tuturnya, dikutip Rabu (21/4/2021).

Saat mencoba meraih sertifikasi sebagai perawat ini, Kristy tertarik mendaftar sebagai bagian dari tentara Amerika Serikat. Wanita 35 tahun itu mendaftar progam Military Accessions Vital to the National Interest (MAVNI) pada 2014. Dia mendaftar dengan visa pelajar yang saat itu dimilikinya.

Saat menjalani pelatihan menjadi tentara Amerika Serikat diakui Kristy tidaklah mudah. Dia merasa kesusahan menjalani tes fisik. Namun dengan tekad bulat, dia berhasil menyelesaikan latihan militer tersebut. Setelah selesai Basic Training, anak kedua dari tiga bersaudara itu langsung ditempatkan di Texas, Amerika Serikat selama empat tahun.

Setelah lulus menjalani latihan sebagai tentara Amerika Serikat dan meraih gelar Bachelor of Science in Nursing, Kristy tinggal di Houston, Texas, bersama suaminya. "Statusku sekarang di Army is Individual Ready Reseve (IRR), dimana aku lepas tugas, tapi dalam empat tahun ini, sampai Oktober 2022, aku bisa dipanggil jadi aktif duty kalau mereka perlu soldiers," tambah Kristania Virginia Besouw.

Kini menjadi warga negara dan tentara Amerika Serikat, Kristy mengaku senang karena bisa mempelajari banyak hal baru. Selain itu menurutnya, keputusan pindah kewarganegaraan ini juga mengajarkannya untuk lebih bekerja keras agar semakin sukses.

Kristy yang kini tinggal di Houston, Texas, AS, bersama suaminya James Hall, menjalani hari-harinya dengan bekerja sebagai perawat. Dia aktif bekerja di Texas Medical Center (medical center terbesar di dunia), sebagai perawat di ruangan ICU. Dsy1