Mantan Pecandu Narkoba Bangkit Jadi Motivator Rehabilitasi

Charles Philippe saat menjadi motivator rehabilitasi. SP/ TLG

SURABAYAPAGI.com, Tulungagung - Charles Philippe dulunya merupakan mantan pecandu narkoba. Awal dia mengenal narkoba karena lingkungan dan pergaulan yang cukup bebas. Mulai dari sabu-sabu, ganja, budastick, elsid, dan ekstasi. Pada tahun berikutnya dia mengenal narkoba jenis lain, yakni putaw. Namun kini ia mampu bangkit dari dunia gelap tersebut dan menjadi Program Manager Rehabilitasi Trisna HVC Tulungagung.

Charles mengungkapkan, setelah keluar dari rehabilitasi dan kembali ke dunia narkoba, membuatnya harus tersangkut masalah hukum. Bahkan dalam perjalanannya, kakaknya harus meninggal dunia akibat overdosis putaw. Hal inilah yang membuat kepercayaan keluarga hancur kepadanya.

Akhirnya muncul rasa penyesalan amat mendalam dari dirinya. Dan pada 2015 dia kembali untuk melakukan rehabilitasi kembali di rehabilitasi Balai Besar BNN di Lido, Bogor. “Ketika rehabilitasi itu, saya dikenalkan dengan program pengenalan tingkah laku dan pemecahan konflik keluarga sehingga saya menyadari dan menemukan titik balik. Saya pun memutusakan untuk benar-benar berubah,” ungkapnya, Senin (7/6/2021).

Setelah selesai menjalani rehabilitasi selama 6 bulan, pria yang sudah berkeluarga itu ingin melakukan hal yang berguna bagi orang lain, khususnya bagi orang-orang yang masih bermasalah dengan narkoba. Hingga akhirnya dia menjadi staf konselor di Yayasan GMC Palangkaraya, staf humas/konselor adiksi di RHF, agen pemulihan BNN Kabupaten Tulunggagung, dan kini Program Manager Rehabilitasi Trisna HVC Tulungagung.

“Saya selalu membagikan proses pemulihan saya secara tidak langsung kepada mereka yang menjalani rehabilitasi. Hal ini untuk saling membantu dan memperkuat satu sama lain agar tidak kembali ke narkoba. “Saya memiliki motto ‘personal growth before vested status’,” terangnya.

Charles menambahkan, sampai kini belum ada obat yang ampuh untuk seorang pencandu narkoba. Hanya dengan programlah, seseorang bisa pulih dari kecanduan narkoba. Maka dari itu, salah satu hal yang terbaik untuk pencandu narkoba adalah dengan rehabilitasi. “Pesan saya kepada pemuda, mari bersama ciptakan generasi yang sehat tanpa narkoba,” pungkasnya. Dsy9