Mantan TKI Lulusan SD yang Jadi Miliader Ritel

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 04 Agu 2021 10:19 WIB

Mantan TKI Lulusan SD yang Jadi Miliader Ritel

i

Subaidi, pengusaha ritel. SP/ MDR

SURABAYAPAGI.com, Madura - Subaidi, pengusaha asal Madura kini sukses dengan bisnis ritel dan menjadi miliarder. Subaidi merupakan lulusan SD dan merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan di dalam negeri. Akhirnya, Subaidi rela terbang ke Malaysia meski usianya masih belum cukup umur.

Meski telah menginjakkan kaki di negara orang, Subaidi tak lekas langsung mendapatkan kerja. Perlu satu tahun baginya berada di Negeri Jiran hingga akhirnya Subaidi bisa bekerja.

Baca Juga: Mahfud Isyaratkan Garam Impor Turunkan Citra Madura

Jenis pekerjaan yang ia terima bukan jenis pekerjaan yang dimimpikan oleh kebanyakan anak seusia 14 tahun. Karena kualifikasi yang terbatas, pekerjaan sebagai tukang bangunan terpaksa ia terima.

Memasuki usia 17 tahun, Subaidi membuka jasa renovasi rumah atau kontraktor di Malaysia dengan memasang banner di banyak tempat di Selangor. Motivasi Subaidi sederhana: ia ingin kaya dan banyak dikenal orang.

Jangan kira Subaidi bisa sehebat itu di negeri orang oleh sebab fasilitas yang memadai. Jangankan fasilitas, untuk masuk ke Malaysia saja, Subaidi perlu berjuang keras.

Baca Juga: Viral Pernikahan Bocah 10 Tahun di Madura, Netizen: Kalau Berantem Pulang Kerumah Ortu

Ia datang ke Malaysia dengan jalan yang ilegal. Ketika sudah mulai mendarat di daratan Negeri Jiran, Subaidi bersama rombongan lainnya dikejar oleh polisi lokal hingga tersasar semakin dalam di sebuah hutan.

Berhari-hari Subaidi di dalam hutan, meminum air selokan, dan makan dengan singkong mentah, hingga ia diselamatkan oleh seseorang yang kini ia anggap sebagai abang dekatnya.

Baca Juga: Belum Ada Kejelasan, KIM Madura Datangi Kantor Inspektorat Kabupaten Sumenep

Di Malaysia, selain bergerak di bidang kontraktor, Subaidi juga sudah pernah mencoba hampir 47 kali bidang bisnis yang kesemuanya gagal. Mulai dari impor barang, kontraktor, hingga MLM.

Seluruh usahanya tersebut membawa ia ke dunia bisnis ritel yang justru kini menjadikan dirinya sebagai konglomerat kenamaan Madura. Ia total telah memiliki 12 minimarket yang berada di bawah naungan PT SSI Subaidi. Dsy3

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU