Marshanda Idap Penyakit Inflamasi Kronis, Disaat Utang Menumpuk

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 12 Mei 2023 12:57 WIB

Marshanda Idap Penyakit Inflamasi Kronis, Disaat Utang Menumpuk

i

Marshanda. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Kabar tidak menyenangkan datang dari pesinetron, Marshanda yang mengungkapkan kondisi kesehatannya kini kian memprihatinkan lantaran mengidap penyakit inflamasi kronis masalah ginjal hingga fungsi hati usai divonis mengidap tumor payudara sebelumnya.

"Kondisi penyakit ada beberapa diagnosa, ada inflamasi kronis dan bisa menjalar ke mana-mana, kayak diabates, serangan jantung. Itu kalau tidak ditangani," ucap Marshanda, Jumat (12/05/2023).

Baca Juga: Gegara Konten Baim Wong, Netizen Doakan Paula Verhoeven Istiqomah Berhijab

Marshanda yang juga mengidap tumor payudara, menurutnya bisa berpotensi menjadi kanker. "Aku diduga prediabetic, aku dibilang punya masalah sama ginjal, fungsi hati menurun, tumor payudara berpotensi untuk jadi kanker," ungkap Marshanda.

"Dengan semua ini, aku banyak belajar karena aku nggak tahu inflamasi kronis itu apa, aku harus banyak riset juga," tambahnya.

Terkait tumor yang diidapnya, Marshanda harus melakukan kontrol selama tiga hingga enam bulan sekali untuk mamografi dan USG. Dalam waktu dekat, ibu satu orang anak itu juga akan melakukan MRI. Marshanda juga kini harus mengonsumsi obat dan menjalani terapi. Tak hanya itu, dia juga diminta untuk mengkonsumsi suplemen.

Kendati demikian, Marshanda tak mau terpuruk dalam kondisi tersebut. Dia yakin Tuhan mempersiapkan rencana terbaik untuknya di masa mendatang. "Jika memang hidup aku mengalami hal-hal yang berat dan bikin down, kalau aku bisa ngerangkum semuanya, aku bisa terbuka saat down, jangan-jangan semuanya dibuat agar jangan ada manusia yang merasa lebih baik," tandasnya.

Miliki Banyak Hutang

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Diketahui Marshanda juga memiliki banyak utang di tengah perjuangannya untuk sembuh dari sakit tumor payudara. Mantan artis cilik itu mengaku harus berhutang demi menutupi biaya operasi di rumah sakit. 

Dirinya tak merasa malu karena hal itu, Marshanda pun ingin orang-orang mengetahui soal kesulitan yang dihadapinya. "Menurut aku caranya jujur saja, ini yang gue alami, gue nggak sempurna. Aku ingin orang-orang tahu soal kesulitan ini, biar ngerasa nggak sendirian, kita semua sama-sama ngalamin," jelasnya, dikutip Jumat (12/05/2023).

Marshanda juga tak ingin ambil bagian dalam bisnis hotel yang dimiliki keluarganya. Ibu satu anak ini ingin membiayai pengobatannya tanpa harus melibatkan kucuran uang dari hotel keluarganya.

"Aku enggak pernah terlibat secara operasional atau kepemilikan Hotel Sofyan. Sejak kecil aku dididik untuk mendapatkan sesuatu secara mandiri," tutup Marshanda.

Baca Juga: Potret Sandra Dewi Tiba di Kejagung Hari Ini, Pamer Senyum Sumringah: Doain Ya

Meski sempat terpuruk soal kondisi finansialnya, Marshanda yakin dirinya bisa kembali bangkit dan mendapatkan banyak hikmah dari cobaan yang pernah dihadapinya ini.

"Aku percaya bakal berputar dan kembali balik lagi. Menurut aku se-down apa pun kita, se-hopeless apa pun kita, pasti bakal bisa bangkit," tuturnya.

"Hikmahnya aku ngasih tahu ini buat diriku sendiri dan orang lain yang menilai," tutupnya. dsy/dc/kps/ins

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU