Mas Bup Ditho Panen Padi Organik di Gurah Kabupaten Kediri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Mar 2021 07:12 WIB

Mas Bup Ditho Panen Padi Organik di Gurah Kabupaten Kediri

Baca Juga: Keroncong Svaranusa 2023, Mas Dhito Berharap Ekosistem Musik di Kediri Bisa Bertumbuh

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Anang Widodo melakukan panen padi dan jagung organik kelompok tani Sido Dadi Desa Bangkok Kecamatan Gurah.
 
Dalam kesempatan tersebut, Mas Bup menyampaikan, salah satu prioritas pemerintah kabupaten kediri yaitu disektor pertanian. Mengingat potensi pertanian di Kabupaten Kediri sangat luar biasa. Dirinya mengaku senang dengan perkembangan pertanian budidaya komoditas padi organik di Desa Bangkok.
 
Panen tersebut dilakukan langsung Bupati Kediri. Selain Dinas Pertanian, Mas Bup didampingi oleh Forkopimca Gurah.
 
Panen raya ini merupakan salah satu wujud usaha petani dalam meningkatkan hasil pertanian khususnya di Kabupaten Kediri, sekaligus menjadi pendorong petani lainnya mengubah serta mengembangkan pola bercocok tanam yang alami atau organik. 
 
Dengan adanya panen ini bisa menjadi embrio untuk petani di Kabupaten Kediri dalam peningkatan pertanian yang ramah lingkungan. Sehingga Mas Bup  berharap petani di desa lain bisa mengikuti pola tanam organik. Sebab mampu menekan biaya produksi tanam, namun dapat menghasilkan keuntungan satu setengah kali lipat lebih besar, selain itu dengan pola tanam organik sekaligus mampu mengembalikan lagi kesuburan tanah.
 
"Pemkab Kediri akan mendorong petani -petani lain untuk melakukan pola tanam organik. Oleh karenanya, kami akan memberikan perhatian terhadap pengembangan padi organik tersebut. Sehingga nantinya bisa menjadi energi positif dalam pembangunan Kabupaten Kediri  terutama di bidang pertanian," ujar Mas Bup, Kamis (18/3/2021).
 
Untuk diketahui, dalam kesempatan panen tersebut, juga dilakukan sosialisasi Program Dito (Desa Inovasi Tani Organik) dengan melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada petani, seperti pembuatan pupuk organik, penanaman, produksi, panen sampai pada pemasaran hasil pertanian. Ada/kominfo

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU