Mas Dhito Prioritaskan Pembangunan Dua Jembatan Penghubung Antar Wilayah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 08 Mar 2022 18:50 WIB

Mas Dhito Prioritaskan Pembangunan Dua Jembatan Penghubung Antar Wilayah

i

Bupati Kediri Haninditho Himawan Pramana (paling kiri) saat membahas pembangunan dua jembatan penghubung antar wilayah bersama dinas terkait. SP/Istimewa

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono atau yang akrab disapa Mas Dhito prioritaskan pembangunan dua jembatan konektivitas antar wilayah. Jembatan tersebut adalah Jembatan Ngadi, Kecamatan Mojo dan Jembatan Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo.

Dua jembatan ini rencananya akan mulai dibangun tahun ini. Hal ini dilakukan Mas Dhito mengingat pentingnya jembatan tersebut sebagai jembatan penghubung antar wilayah yang telah lama tak kunjung ada perbaikan.

Baca Juga: Keroncong Svaranusa 2023, Mas Dhito Berharap Ekosistem Musik di Kediri Bisa Bertumbuh

“Pada prinsipnya kita (Pemerintah Kabupaten Kediri) akan fokus pada jembatan yang memiliki nilai konektivitas dan akan menambah value edit,” kata Mas Dhito usai melakukan koordinasi dengan Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur di Pendopo Panjalu Jayati, Selasa (8/3/2022).

Diantara dua jembatan ini, kata Mas Dhito, akan dibangun terlebih dahulu jembatan Ngadi yang sudah 5 tahun mengalami kerusakan. Sedangkan, saat ini Jembatan tersebut telah dibangun jembatan darurat oleh Provinsi Jawa Timur pada 2017 lalu. 

Mas Dhito menyebutkan, jembatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tulungagung ini akan menghabiskan 10,5 M. Dan rencananya akan dimulai pembangunannya tahun ini. Orang nomor satu di Kabupaten Kediri ini menerangkan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk pembangunan jembatan Ngadi tersebut.

Baca Juga: Ini Pesan Mas Dhito Untuk Pengurus HMI Kediri

“Saya sudah berkoordinasi dengan Ketua DPRD juga Kepala PUPR Kabupaten Kediri, kita selesaikan dulu Jembatan Ngadi. Kemudian kita komunikasikan dengan Provinsi untuk (pembangunan) jembatan Mrican (jembatan Jong Biru),” tutur Mas Dhito.

Untuk diketahui, Jembatan Ngadi ini memiliki panjang bentang 47 meter dengan lebar 8 meter. Jembatan yang berdiri diatas Sungai Catut ini ditargetkan paling cepat Desember tahun ini selesai. 

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Irwan Chandra, menyebutkan bulan ini pembangunan Jembatan Ngadi pada tahap proses tender. April, lanjutnya, setelah proses tender selesai akan langsung running pembangunan jembatan Ngadi ini. 

Baca Juga: Mas Dhito Bakal Kembangkan Taman Hijau SLG Sesuai Kebutuhan Masyarakat

“Sekarang proses tender, kalau tidak ada kendala satu bulan lagi bisa pelaksanaan konstruksinya,” terangnya. 

Sedangkan untuk jembatan Jongbiru, lanjut Irwan, untuk tahun ini pihaknya akan fokus dalam pelebaran dan pembebasan lahan di area jembatan tersebut. Dilanjutkan di tahun depan untuk pengerjaan konstruksi bawah jembatan. kominfo

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU