Masa Pandemi, WBP Trenggalek Rutin Olahraga dan Gelar Seni Hiburan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Apr 2021 10:00 WIB

Masa Pandemi, WBP Trenggalek Rutin Olahraga dan Gelar Seni Hiburan

i

Kegiatan WBP di Rutan Kelas IIB Trenggalek saat melaksanakan kompetisi olahraga. SP/ TRG

SURABAYAPAGI.com, Trenggalek -  Ditengah pandemi Covid-19 ini semua orang harus bisa menjaga daya tahan tubuh dengan baik, salah satunya adalah olahraga dan menghindari rasa jenuh bahkan stress. Sama halnya bagi warga binaan permasyarakatan (WBP) di wilayah Desa Ngares, Kecamatan Trenggalek yang bertahun-tahun berada di ruang tahanan negara (Rutan) sehingga membuat mereka jenuh, oleh karenanya mereka sepakat untuk melakukan kegiatan olahraga dan seni sesuai kemampuan.

Menurut salah satu WBP yang terlibat, Haris Irawan mengatakan, di dalam melaksanakan aktivitasnya, yang diantara salah satunya kompetisi olahraga yang digelar, para WBP terlihat sangat menikmati dan nyaman.

Baca Juga: Harga Gabah di Trenggalek Turun

Ditambah saat adanya pertandingan beberapa cabang olahraga antarpenghuni rutan. Sehingga terdengar suara sorak sorai para warga binaan untuk mendukung temannya yang bertanding sebagai perwakilan blok kamar. "Kami sangat antusias melaksanakan kegiatan ini. Sebab, semua yang terlibat merupakan WBP," ungkapnya.

Salah satu panitia WBP juga mengatakan bahwa selain bisa untuk refreshing, juga untuk menambah kekompakan antar-WBP. Dari situ, akan terjaring rasa kekeluargaan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari sambil menunggu masa tahanan habis. "Dengan itu pastinya tingkat solidaritas kami akan semakin kuat dan tidak mengulangi kesalahan yang sama setelah keluar nanti. Juga terpenting pada masa pandemi Covid-19 ini bisa meningkatkan imun tubuh," jlentrehnya.

Selain itu, Zainal Fanani, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB juga menjabarkan, kegiatan pekan olahraga dan seni tersebut dilatarbelakangi akan jarangnya WBP melakukan kegiatan pada pandemi Covid-19 ini. Sehingga dengan kegiatan tersebut diharapkan para WBP tidak stress.

Baca Juga: Kasus DBD di Trenggalek Meningkat Tajam

Kegiatan tersebut juga diselingi kegiatan olahraga hiburan. Seperti karaoke juga lomba balap karung. "Jadi kepada panitia kami berpesan agar kegiatan yang dilakukan dikemas semenarik mungkin, tapi tetap berpedoman terhadap protokoler kesehatan (prokes)," ujarnya.

Di sela kegiatan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas IIB Trenggalek Dadang Rais Saputra menjelaskan, kegiatan tersebut, selain menjaga imun tubuh, juga menambah rasa kekeluargaan antar-WBP serta mendekatkan dan menjalin rasa kebersamaan petugas pemasyarakatan dengan WBP.

Baca Juga: Truk Terperosok ke Jurang, 3 Orang Luka-luka

Tambahnya, dalam kegiatan tersebut juga ada perlombaan khusus petugas. ada 236 WBP yang terlibat dalam kegiatan pekan olahraga, berlangsung dalam dua minggu. 11 WBP di antaranya perempuan. "Karena pada masa pandemi Covid-19, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan kesehatan untuk mencegah terpapar Covid-19. Sehingga agar lebih semangat dan imun tubuh meningkat bagi pemenang, akan ada hadiah khusus," jelasnya. Dsy4

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU