Masjid Al Akbar Siap Tampung 5 Ribu Jamaah untuk Salat Tarawih

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Mar 2021 21:40 WIB

Masjid Al Akbar Siap Tampung 5 Ribu Jamaah untuk Salat Tarawih

i

Sejumlah jamaah di masjid Al Akbar Surabaya

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Kabar gembira bagi umat muslim di Surabaya dan sekitarnya. Menjelang bulan Ramadan yang akan dimulai pertengahan bulan April 2021 mendatang. Masjid Al Akbar Surabaya akan menggelar salat tarawih dengan menargetkan 5 ribu jamaah. Meski begitu tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, Pedagang Sekitar Masjid Istiqlal Kebanjiran Cuan di Malam Tarawih

Kepastian ini disampaikan Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (24/3/2021). Menurut Helmy, target 5 ribu jamaah salat tarawih, dikarenakan seluruh pengurus dan pekerja di Masjid Al Akbar telah menjalani vaksinasi Covid-19.

"Alhamdulillah, jumlahnya sebanyak 250 orang, mulai dari penjaga parkir, pembersih toilet, marbot, muadzin hingga imam Masjid telah menjalani vaksinasi Covid-19. Jadi jamaah tak perlu waswas bila beribadah di sepanjang bulan suci Ramadan,” kata Helmy.

Baca Juga: Tarawih Hari Pertama, Ribuan Jamaah Banjiri Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Untuk itu, pada salat tarawih bulan Ramadan tahun ini, tambah Helmy, tidak diperlukan mendaftar seperti saat ibadah salat Idul Adha pada tahun 2020 lalu. "Untuk jamaah yang akan menjalankan salat tarawih, nanti tak perlu mendaftar dulu. Berdasarkan pengalaman pada masa pandemi tahun lalu, jumlah jamaah salat tarawih berkisar sekitar lima ribu orang, dari total kapasitas normal yang mampu menampung sebanyak 50 ribu jamaah," ujarnya. 
Jumlah jamaah salat tarawih di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, lanjut Helmy, tidak jauh berbeda dengan jamaah salat Jumat. Dimana, setiap salat Jumat, jumlah sekitar lima ribu orang, diatur dengan saf ‘physical distancing’ dengan jarak 1,5 hingga 2 meter.

Meski begitu, salat Tarawih akan berjalan seperti biasa, pihak Masjid Al Akbar masih akan mempertimbangkan terkait akan dibuka pendaftaran untuk pelaksanaan salat Idul Fitri. Hal ini diperlukan untuk membatasi jumlah jamaah demi mencegah kerumunan. "Memang normalnya jamaah salat Idul Fitri sebelum terjadi pandemi berjumlah 60 ribu orang," ujarnya. Pasalnya, tahun lalu, Masjid Al Akbar meniadakan pelaksanaan salat Idul Fitri dikarenakan penyebaran masih cukup tinggi. ana

Baca Juga: Tarawih Era Rasulullah

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU