Masjid Islamic Center Surabaya Bakal di Arsiteki Kang Emil

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 20 Apr 2021 10:40 WIB

Masjid Islamic Center Surabaya Bakal di Arsiteki Kang Emil

i

Gubernur Ridwan Kamil dan Gubernur Khofifah berbincang akrab di Gedung Sate, Bandung.SP/PEMPROV JATIM

SURABAYAPAGI,Surabaya – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan ke Jawa Barat untuk melakukan pertemuan dengan Pengurus Wilayah Muslimat Nahdlatul Ulama setempat didampingi oleh sejumlah kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim pada  Senin (19/4) malam. Kedatangan Khofifah disambut langsung oleh Gubernur Barat Jawa Ridwan Kamil di Kantor Gubernur Jabar atau Gedung Sate.

Dalam kesempatan itu, Khofifah meminta Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengarsiteki pembangunan masjid di Islamic Center Surabaya."Islamic Center akan direvitalisasi, dan yang memiliki keahlian mengarsiteki masjidnya adalah Gubernur Jabar," ujar Khofifah, Senin (19/4) malam.

Baca Juga: Khofifah: Jatim Pusat Kemenangan Prabowo

Gubernur Khofifah menjelaskan bahwa masjid yang selama ini berdiri dianggap kurang memadai sehingga perlu revitalisasi Islamic Center."Dua minggu lalu kami membahas dengan tim Islamic Center. Saya melihat masjidnya ukurannya seperti musala namun memiliki halaman sangat luas. Maka, kami putuskan mendirikan masjid di halaman depan," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut mengatakan bahwa pembangunan masjid dengan arsitektur yang baik diharapkan bisa menjadikan referensi kegiatan umat Islam lebih representatif. Khofifah juga menyampaikan agar mendapat dukungan bagaimana arsitektur yang sudah pernah dilakukan oleh Ridwan Kamil di sejumlah masjid di Tanah Air.

"Saya pernah ke Padang, dan saya menikmati sekali bagaimana masjid Jami di Padang dan masjid di Makassar saya juga menikmati beberapa kali. Kami tentu berharap ada sentuhan dari skill beliau untuk arsitektur masjid di Islamic Center Surabaya. Mudah-mudahan ini dapat disegerakan dari kesibukan beliau," tuturnya.Mantan Menteri Sosial RI itu berharap pembangunan masjid dapat mulai groundbreaking setelah perubahan anggaran keuangan (PAK) pada tahun anggaran 2021.

Baca Juga: Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jatim Dukung Khofifah di Pilgub 2024

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan kesanggupannya untuk merancang arsitektur masjid Islamic Center, bahkan akan membuat desain terbaik.
"Insyaallah, di Jatim akan kami desainkan yang paling keren di Indonesia," kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

Diketahui, selain menyandang reputasi hebat sebagai pejabat publik, Gubernur Jabar Ridwal Kamil juga dikenal ulung dalam urusan arsitek, termasuk desain masjid. Belasan masjid berarsitektur megah dan unik di Indonesia bahkan luar negeri.

Baca Juga: Khofifah Potong Tumpeng, Ratusan Relawan Cukur Gundul

Terbaru, Kang Emil juga mendesain Masjid Syeikh Ajlin di Gaza Palestina. Peletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut pada Rabu (7/4/2021) diselimuti rasa haru.

Berikut beberapa masjid yang diarsiteki oleh Kang Emil :  Masjid Al Safar Jakarta, Masjid 99 Kubah Makassar, Masjid Merapi Desa Kepuhardjo, Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi, Masjid Al-Irsyad Padalarang, Masjid Terapung Gedebage Bandung, Masjid Raya Sumbar, Masjid Raya Asmaul Husna Serpong, Masjid Raya di Sevilla Spanyol, Masjid Gaza Palestina, Masjid Jami’e Darussalam Jakarta, Masjid Polda Jabar.na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU