Massa Buruh Gelar Demo Lanjutan pada 10 November, Ancam Mogok Nasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 12 Okt 2022 19:52 WIB

Massa Buruh Gelar Demo Lanjutan pada 10 November, Ancam Mogok Nasional

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Massa Partai Buruh dan organisasi serikat pekerja berencana menggelar aksi unjuk rasa lanjutan pada 10 November mendatang. Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan demo akan dipusatkan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Partai Buruh dan organisasi buruh buruh petani, nelayan, dan kelas pekerja lainnya aksi ini akan dilanjutkan pada tanggal 10 November 2022," kata Said kepada wartawan di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Said mengklaim ada ratusan ribu massa yang bakal turun pada 10 November 2022 mendatang. Dia menyebut massa buruh akan bergabung dengan kalangan mahasiswa.

"Setengah dari pabrik akan kami turunkan ke Jakarta, itu berarti bisa ratusan ribu buruh, setengah dari pabrik, Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta kami akan turun ke Jakarta, boleh jadi ada yang cuti mungkin, bisa jadi ada yang ganti hari, bahan bahkan boleh ada yang mendapatkan dispensasi," ungkap Said.

"(Demo) akan dipusatkan di Istana, dalam rencana mungkin ratusan ribu. Bahkan kami akan menggabungkan dengan kalangan mahasiswa," sambungnya.

Dia mengancam bakal ada aksi mogok nasional bila tuntutan dari unjuk rasa 10 November 2022 ini tak digubris pemerintah. Mogok nasional ini direncanakan bakal dilakukan Desember 2022.

"Dan bila itu juga tak didengar, pertengahan Desember 2022 stop produksi," kata Said.

Adapun tuntutan yang diminta para buruh diantaranya :

Baca Juga: Aktivis Praja Sumenep Demo Soroti Peredaran Minol

1. Tolak kenaikan harga BBM
2. Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
3. Naikkan UMK/P tahun 2023 sebesar 13%
4. Tolak PHK besar-besaran di tengah ancaman resesi global
5. Reforma agraria, tanah bagi petani.
6. Sahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Diketahui sebelumnya elemen massa dari Partai Buruh dan Organisasi Serikat Buruh melakukan aksi demo pada, Rabu, 12 Oktober 2022. Demo diikuti massa dari petani, nelayan, guru, perempuan, PRT, sopir ojek online (ojol), buruh migran, guru, dan honorer.

Baca Juga: Demo Tuntut KPK Putuskan Status Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU