Masuk 5 Besar, Dihadiahi Rumah dan Tenaga Kontrak Dispora

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 05 Agu 2021 07:59 WIB

Masuk 5 Besar, Dihadiahi Rumah dan Tenaga Kontrak Dispora

i

Atlet angkatbesi, Nurul Akmal saat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. SP/ Reuters

SURABAYAPAGI.com, Aceh - Atlet angkatbesi, Nurul Akmal menorehkan sejarah untuk Aceh. Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Perubahan, pemerintah bakal memberi satu unit rumah kepada atlet putri angkat besi berusia 28 tahun tersebut.

"Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Nurul Akmal, dan sesuai arahan Gubernur Aceh, satu unit rumah akan dibangun untuk Nurul," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Dedi Yuswadi, Kamis (5/8/2021)

Baca Juga: Covid-19 Memuncak, F1 GP Jepang 2021 Dibatalkan

Selain itu, Pemerintah Aceh juga sudah mengangkat Nurul Akmal sebagai tenaga kontrak di Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh. Menurut Dedi, pengangkatan tersebut bisa mendukung kegiatan Nurul sebagai atlet angkat besi,

Lifter angkat besi tersebut mengawali kompetisi bergengsi tersebut dengan mengangkat beban 107 kg di kesempatan pertama snatch. Secara bertahap, Amel menambah bebannya menjadi 111kg dan 115kg, lalu mengakhiri sesi snatch di urutan kelima.

Baca Juga: Positif Gunakan Doping, Kehilangan Mendali Perak

Dengan posisi relatif aman di peringkat lima, tim pelatih mulai menjalankan strategi untuk mendongkrak peringkat Amel. Sesi clean and jerk diawali dengan beban 141kg. Atlet yang akrab disapa Amel itu turun di kelas +87 kilogram putri dan berhasil mengangkat total beban seberat 256 kg.

"Kalau dibilang puas, saya tidak puas. Tapi karena ini penampilan perdana saya di Olimpiade dan Olimpiade ini berlangsung dalam kondisi pandemi, Alhamdulillah bisa menempati peringkat lima keseluruhan," ucap Amel.

Baca Juga: Sumbangkan Pendapatan untuk Korban Gempa Haiti

Dalam usahanya menaikkan peringkat, Nurul Akmal melakukan angkatan 151kg di kesempatan kedua. Namun, ia gagal. Tim pelatih kembali menambah beban menjadi 154kg di percobaan ketiga dan ia kembali gagal.  Meski begitu, bagi Nurul, bisa tampil di Olimpiade Tokyo merupakan pengalaman yang luar biasa. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU