Masuk Bursa Gubernur BI, Sri Mulyani, Tunjuk Stafnya Bicara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Jan 2023 20:14 WIB

Masuk Bursa Gubernur BI, Sri Mulyani, Tunjuk Stafnya Bicara

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Sri Mulyani, yang berharta Rp 67 miliar, disebut masuk bursa Gubernur Bank Indonesia. Lulusan UI ini tak menanggapi. Ia menunjuk Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo, yang menjawab

Yustinus mengatakan sejauh ini tidak ada pembahasan atau diskusi mengenai Sri Mulyani akan menduduki kursi Gubernur BI. "Sejauh ini tidak ada pembahasan atau diskusi mengenai hal ini di Kementerian Keuangan," kata Yustinus dalam keterangannya, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga: Menkeu Rapat "Darurat" dengan Staf, saat Libur Lebaran

Yustinus menyebut saat ini Sri Mulyani hanya fokus menjalankan tugas sebagai Menteri Keuangan, salah satunya memastikan kebijakan fiskal dan kinerja APBN mendukung perekonomian nasional.

 

Fokus Tugas Presiden

"Ibu Sri Mulyani sebagai pembantu Presiden berfokus menjalankan tugas sebagai Menteri Keuangan dengan penuh tanggung jawab. Tantangan masih besar, perlu kerja kolaboratif, profesional, dan berintegritas," ucapnya.

Terlebih, kata dia, saat ini ekonomi dunia dilanda ketidakpastian. Sehingga, yang dilakukan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu fokus melaksanakan tugas dari Presiden Jokowi. "Menjalankan tugas sebagai bendahara negara, menjaga perekonomian dengan kebijakan fiskal," tutur Yustinus.

Bukti keseriusan dan fokus Sri Mulyani, kata Yustinus, APBN 2023 disusun dengan semangat optimisme, tapi juga waspada. Hal ini dilakukan karena perang Rusia-Ukraina memberikan dampak yang signifikan, termasuk pada ketahanan maupun harga energi dan pangan, yang menambah tekanan pada inflasi global.

 

Salah Satu Kandidat

Baca Juga: 4 Menteri Jokowi akan Dikonfirmasi MK Jumat

Sebelumnya beredar isu Sri Mulyani akan menjadi salah satu kandidat calon Gubernur BI. Hal itu berdasarkan pembicaraan informal kalangan wakil rakyat di DPR RI.

"Saya mendengar beberapa nama yang menjadi kandidat yang akan menjadi Gubernur Bank Indonesia, ada nama Bu Sri Mulyani yang saat ini menjadi Menkeu," katanya, Senin (30/1/2023).

Selain Sri Mulyani, ada desas-desus kabar yang menyebut Perry Warjiyo akan kembali dipilih sebagai Gubernur BI untuk periode kedua.

 

Harta Sri Mulyani

Baca Juga: Presiden tak Beri Arahan Kepada 4 Menteri dalam Sidang Sengketa Pilpres di MK

Bendahara Negara hingga 31 Maret 2022, berdasarkan e-lhkpn, harta Sri Mulyani mencapai Rp 58 miliar.

Jumlah ini sudah dikurangi dengan utang salah satu perempuan paling berpengaruh di Indonesia itu sebesar Rp 9,12 miliar. Sedang tanah dan bangunan milik Sri Mulyani mencapai Rp 45,81 miliar. Tanah ini terbagi menjadi 11 bidang.

Tanah dan bangunan milik Sri Mulyani tersebar di Kabupaten dan Kota Tangerang, serta di Kota Tangerang Selatan. Tanah dan bangunan ini, didapatkan Sri Mulyani, baik dari warisan, hingga dibeli sendiri.

Di sisi lain, Sri Mulyani memiliki Surat Berharga mencapai Rp 12,72 miliar dan Kas Setara Kas sebesar Rp 8,14 miliar. Tanpa dikurangi utang, harta Sri Mulyani bisa mencapai Rp 67,26 miliar. n jk/erc/ce2/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU