Masuk Level 3, Tempat Wisata di Pasuruan Ditutup Kembali

Wisata alam termasuk pendakian Arjuna-Welirang juga harus tutup. SP/IST

SURABAYAPAGI, Pasuruan – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan menutup kembali  tempat-tempat wisata di Kabupaten setempat. Padahal sebelumnya tempat wisata di Kabupaten Pasuruan pernah dibuka selama sebulan. Ditutupnya ini sesuai aturan PPKM level 3. Selain tempat wisata keluarga, wisata alam termasuk pendakian Arjuna-Welirang juga harus tutup.

"Karena PPKM naik level 3, sesuai Inmendagri dan Surat Edaran Satgas Kabupaten Pasuruan, wisata ditutup mulai tanggal 5-18 Oktober 2021," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan Eka Wara Brehaspati, Rabu (6/10/2021).

Eka mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan aturan penutupan itu ke semua pengelola wisata. Ia berharap aturan itu ditaati.

"Banyak yang merasa berat kalau tutup lagi. Kami juga berat menyampaikan aturan penutupan ini. Kami harap aturan ini ditaati karena penegakan hukum (aturan dalam PPKM) dilaksanakan Satgas. Kami hanya menyampaikan aturannya," terang Eka.

Menurut Eka, sejumlah wisata menyampaikan akan membuka restoran dan pertokoannya. Eka mengatakan boleh buka restoran dan pertokoan namun harus mematuhi protokol kesehatan ketat.

"Memang restoran dan toko boleh buka meski di dalam lokasi wisata. Tapi mereka bisa menjamin nggak kalau pengunjung nggak ke objek wisata saat ke restoran atau ke toko," terang Eka.

Penutupan kembali objek wisata ditanggapi beragam oleh pengelola wisata. Namun pada prinsipnya mereka akan mematuhi aturan pemerintah.

"Selama ini kami sudah mematuhi prokes, mulai kapasitas pengunjung hingga PeduliLindungi. Tapi kami akan mematuhi aturan pemerintah," kata Pengelola Taman Safari Prigen, Pitut Retno.

Pengelola Wisata Ngopi Bareng Pintu Langit mengaku berat menyesuaikan aturan penutupan setelah sebulan buka. Wisata ini mempertimbangkan tetap membuka restoran dan menutup lokasi wisata.

"Susah kalau begini. Capek juga baru sebulan buka diminta tutup lagi. Selama ini kami juga taat prokes," kata Pengelola Wisata Ngopi Bareng Pintu Langit, Farid Maulana.

Sementara jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang sudah ditutup sesuai aturan PPKM level 3. Selama ini, 2 pos pendakian di wilayah Kabupaten Pasuruan dibuka.

"Iya kami tutup lagi menyesuaikan PPKM level 3 Kabupaten Pasuruan. Kami ikuti aturan," kata Kepala Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi.pn/na