Masuk Tahun Politik, Sri Mulyani: Investor Tak Perlu Khawatir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 29 Jan 2023 13:16 WIB

Masuk Tahun Politik, Sri Mulyani: Investor Tak Perlu Khawatir

i

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

SURABAYAPAGI.COM, Bekasi – Indonesia tahun ini tengah memasuki tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menanggapi hal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membenarkan bahwa ketegangan tensi politik mendekati pemilu memang cenderung naik.

Namun, Sri Mulyani Indrawati meminta masyarakat, pengusaha hingga investor tidak perlu khawatir untuk melakukan investasi meski Indonesia tengah memasuki tahun politik.

Baca Juga: Tiga Menteri Bahas Makan Siang Gratis

Ia menilai peningkatan suhu politik menjelang pemilu merupakan hal yang lazim. Menurutnya, Indonesia sudah beberapa kali menyelenggarakan pemilu dan saat itu keamanan tetap bisa terjaga. Artinya, pemerintah mampu menangani suhu-suhu politik yang kerap memanas jelang masa Pemilu. Sehingga tidak menjadi alasan investor atau masyarakat untuk merasa khawatir.

"Kita sudah berpengalaman dalam beberapa kali pemilu itu tetap bisa terjaga. Sehingga ini tidak menjadi alasan apakah untuk investor atau masyarakat semuanya khawatir," kata Sri Mulyani dalam kunjungan kerja ke Cikarang Dry Port, Jumat (27/01/2023).

Pasalnya, para investor mengkhawatirkan stabilitas ekonomi bakal terganggu. Maka dari itu, Sri Mulyani menjamin kepastian hukum bagi para investor.

"Kalau kepastian hukum ya seluruhnya investor atau masyarakat semuanya membutuhkan, mungkin maksudnya keamanan. Kita semua paham dalam pemilu biasanya memang ada suhu politik yang naik, tapi kita sudah berpengalaman dalam beberapa kali pemilu itu tetap bisa terjaga, sehingga ini tidak menjadi alasan untuk investor dan masyarakat untuk merasa khawatir," terangnya.

Baca Juga: Sri Mulyani-Prabowo, Bertukar Senyum

Menurutnya, keamanan di tahun politik sangat bergantung pada komitmen masyarakat untuk tetap menjaga perdamaian dan prinsip pemilu, yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luberjurdil).

"Tentu ini membutuhkan kita semua untuk berkomitmen untuk membuat pemilu kita tetap aman damai, bebas, jujur dan adil," ujarnya.

Selain itu, ia menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan bahwa pemerintah telah berkomitmen memberikan keamanan dan kedamaian jalannya pemilu nanti pada 2024 atau bisa dibilang jujur dan adil (jurdil) serta menjaga kondisi Indonesia tetap kondusif..

Baca Juga: Akankah Sri Mulyani Dipakai Lagi, Bila Prabowo Presiden?

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah meminta agar hajatan politik tahunan tetap berlangsung tanpa merugikan pihak lain.

“Saya mendengar sendiri Bapak Presiden Jokowi mengatakan, kita harus menjaga Indonesia dan tidak perlu dikhawatirkan,” pungkasnya. bks

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU