Masuki Musim Panen, Puluhan Hektare Padi di Bojonegoro Diserang Hama

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Feb 2021 12:31 WIB

Masuki Musim Panen, Puluhan Hektare Padi di Bojonegoro Diserang Hama

i

Petani di Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Bojonegoro memanen dini tanaman padi yang terserang hama wereng. SP/ BJ

SURABAYAPAGI.com, Bojonegoro - Memasuki musim panen di Kabupaten Bojonegoro, puluhan hektar lahan tanaman padi milik petani hampir diserang hama. Salah satunya berada di persawahan Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu. Sehingga para petani hanya mengaku pasrah dengan adanya hama wereng yang menyerang tanaman padi milik mereka.

Menurut salah seorang petani desa setempat, Mashuri (46), tanaman padi yang diserang hama wereng di Wotanngare sendiri sedikitnya terjadi di Dukuh Tawing, Dukuh Dempol, dan Dukuh Wotanngare.

Baca Juga: Mentan Warning Oknum Jual Pupuk di Atas HET

“Rata-rata padi sudah berumur 80 hingga 90 hari atau telah memasuki masa panen. Kalau sudah begini hasil panen dipastikan turun,” ujarnya, Minggu (21/2/2021).

Sementara menurut para petani belum ada upaya dari pemerintah atau dinas terkait guna membantu permasalahan para petani tersebut.

Kepala Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu, Yaci, membenarkan bahwa tanaman padi milik warga didesannya saat ini diserang hama wereng.

Baca Juga: Rumah Warga di Bojonegoro Terancam Longsor Tergerus Banjir Bengawan Solo

Pemerintah Desa Wotanngare sebelumnya juga telah berupaya memberikan bantuan berupa obat-obatan pestisida kepada para petani, untuk membasmi hama tersebut, namun karena luas lahan petani yang terserang hama cukup luas dan dana yang tersedia cukup terbatas, sehingga tidak mencukupi.

Dirinya bersama para petani di desanya berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro, agar terjun langsung melihat kondisi tersebut.

Baca Juga: Banjir di Bojonegoro Surut Setelah 4 Hari

“Harapan kami paling tidak dari dinas terkait memberikan solusi untuk mengatasi hama wereng ini,” kata Mashuri. Dsy11

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU