Masyarakat Diimbau Gunakan Aplikasi SIPGAR

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat menghadiri kegiatan senam di Lapangan Gelora 10 November, Tambaksari pada Rabu (22/9) kemarin. SP/PEMKOT SURABAYA

 

SURABAYAPAGI, Surabaya – Masyarakat Surabaya diimbau meng menggunakan aplikasi SIPGAR dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengukur kebugaran jasmani secara mandiri selama pandemi COVID-19. Himbauan ini disampikan langsung oleh  Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat menghadiri kegiatan senam di Lapangan Gelora 10 November, Tambaksari pada Rabu (22/9) kemarin.

 "Saya akan mengunduh dan menggunakan terlebih dahulu. Nanti bapak/ibu sekalian, mengikuti serta menyosialisasikan aplikasi SIPGAR," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, kemarin.

 Setelah mengunduh aplikasi tersebut, Armuji mengitari lapangan Gelora 10 November sebanyak empat putaran.

SIPGAR digunakan untuk mencatat kondisi fisik seseorang dalam kurun waktu tertentu dengan metode rockport, yakni setelah menempuh lintasan 1.600 meter.

 "Kami berupaya semoga warga Surabaya semuanya diberikan kesehatan. Salah satunya dengan memberikan teladan dan ruang untuk hidup sehat melalui olahraga," ujar dia.

Kegiatan senam bersama tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) Kota Surabaya yang dihadiri 60 peserta.

Armuji menyampaikan kondisi Kota Surabaya saat ini makin membaik karena angka infeksi COVID-19 kian terkendali.

"Kami berharap angka infeksi COVID-19 terjun bebas. Saat ini Surabaya sudah masuk level 1 berdasarkan asesmen Kemenkes," tutur wawali.

Dia meminta masyarakat juga bergotong royong membantu Pemkot Surabaya melalui sadar vaksinasi COVID-19, menerapkan 3M, dan olahraga rutin.sb1/ba