Masyarakat Diminta Berperan Dalam Perputaran Roda Ekonomi

Caption : Himawan Estu Bagijo, Kepala Disnakertrans Jatim. SP/Mochammad Kasyfi Fahmi  

SURABAYA PAGI, Surabaya - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan melakukan recovery economy. Dimana masyarakat diharapkan bisa bekerjasama melalui program yang diadakan oleh Disnakertrans Jatim ini.

Himawan Estu Bagijo, Kepala Disnakertrans Jatim mengatakan bahwa program recovery economy di sektor pelatihan tenaga kerja untuk peningkatan kompetensi ketenagakerjaan. “Program ini dilakukan guna meredam angka pengangguran.Sumber daya manusia memang harus selalu diperhatikan guna meningkatkan roda perekonomian bangsa dan negara.” ," ujarnya. Kamis (5/11/2020)

Selain itu, Program di Bidang Penempatan Tenaga Kerja juga selalu memantau perkembangan TKI. Terpantau banyak TKI yang pulang dan dalam tanda kutip "TKI Ilegal". "Kita berikan laporan pada Pemerintahan Provinsi dan kita bimbing agar tidak nganggur dan lebih kreatif," ungkapnya dalam menindaklanjuti hal ini.

Saat ini, Bidang Penempatan Tenaga Kerja sedang mencari peluang peluang kerjasama untuk bisa menempatkan tenaga kerja dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini dilakukan untuk memperluas jaringan di dunia pekerjaan.

Selanjutnya, Disnakertrans juga sedang menentukan angka UMK melalui Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (HI Jamsostek). Sehingga pada tanggal 26 November 2020, hal tersebut sudah dapat dibungkus oleh keputusan Gubernur Jatim.

Himawan Estu Bagijo juga sangat memikirkan kesejahteraan para tenaga kerja. Hal itu dapat dilihat dari program Disnakertrans yang bersinergi bersama BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk memberi keuntungan yg cukup bagi tenaga kerja, agar meminimalisir kerugian kecelakaan pada saat kerja.

Kepala Disnakertrans itu menghimbau masyarakat agar mengikuti latihan berbasis kompetensi melalui balai latihan kerja. "Pada saat ini, program ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat. Masyarakat harus ikut serta berperan meningkatkan roda perekonomian," pungkasnya saat di wawancarai oleh Tim Surabaya Pagi di Kantor Disnakertrans Jawa Timur. mbi