Mbah Semar Cafe Kopi Kekinian Untag Surabaya Sabet Juara di Ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII

SurabayaPagi, Surabaya - Setelah bersaing dengan ribuan tim dari berbagai Universitas seluruh Indonesia, tim Mbah Semar (MS) Café Untag Surabaya berhasil meraih juara pada ajang bergengsi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII.
 
Pada acara penutupan KMI Awards yang terselenggara di Universitas Brawijaya Malang, pada Jumat (19/11) lalu, tim yang diketuai oleh Fathur Rizki ini berhasil meraih juara harapan 2 kategori Coffee Based dan Coffee Milk Based.
 
Fathur Rizki mengaku tidak cukup terkejut atas perolehan prestasinya. Ia optimis dengan usaha timnya lakukan sudah  cukup maksimal.
 
“Karena sudah usaha dan juga dibarengi doa. Jadi optimis bisa menang,” kata mahasiswa Prodi Psikologi itu.
 
Lebih lanjut, Fathur menjelaskan mengenai usaha kewirausahaan yang telah ia rintis selama satu tahun ini. Ia menjelaskan, pemilihan nama Mbah Semar (MS) Café sebagai bentuk melestarikan budaya Jawa. 
 
“Kami memilih nama Mbah Semar karena mempertahankan nama-nama Jawa. Mbah Semar sendiri sangat identik dengan tokoh pewayangan Jawa,” tuturnya.
 
Maraknya kehadiran kopi kekinian, tidak menjadi halangan bagi MS café untuk berjuang di ajang KMI 2021. Tim yang beranggotakan Fathur Rizki, Muhammad Faizal dan Fadhlur Rohman ini membuat inovasi unik. 
 
Pada setiap pembelian Kopi Racikan MS Café, pengunjung mendapatkan amplop berisi quote motivasi. Ide ini berhasil menarik ratusan pengunjung dari berbagai kalangan akademik yang hadir serta masyarakat.
 
Selain menjadi ciri khas MS Café, adanya amplop motivasi ini diharapkan mampu memberikan semangat baru untuk pelanggan café. 
 
“Dengan adanya amplop motivasi ini, harapannya bisa memberikan semangat pada pengunjung agar tidak merasa kesepian ataupun down,” ucap Fathur.
 
Untuk bisa menikmati secangkir kopi dari Mbah Semar, pengunjung bisa langsung datang ke Jalan Semampir No. 50 Semolowaru, Surabaya dengan menu andalannya Kopi Rum Regal.
 
Kedepannya, Fathur dan tim berencana mengembangkan bisnisnya dengan membuka cabang di lokasi lain. Sebagai anggota organisasi mahasiswa yang bertanggungjawab pada bidang kewirausahaan, memacu Fathur untuk bisa mencetak SDM yang berprestasi dalam ajang wirausaha, 
 
“Goal saya di Kewirausahaan selain menghasilkan profit, juga menghasilkan SDM yang berprestasi di bidang kewirausahaan.” pungkasnya.
 
KMI Expo merupakan ajang bergengsi kegiatan kewirausahaan mahasiswa yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Dirjen Kemendikbud RI. By