Medali Emas Cabor Atletik Dibagi Menjadi Dua

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 02 Agu 2021 14:23 WIB

Medali Emas Cabor Atletik Dibagi Menjadi Dua

i

Mutaz Essa Barshim dan Gianmarco Tamberi berbagi medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. SP/ Reuters

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Untuk pertama kalinya dalam 113 tahun penyelenggaraan Olimpiade khususnya dalam Olimpiade Tokyo 2020 ini, medali emas di cabor atletik harus dibagi ke dua pemenang. Dengan kata lain, peringkat pertama dan kedua pada laga tersebut sama-sama meraih emas

Peristiwa tersebut berlangsung dalam nomor pertandingan lompat tinggi putra. Ada dua atlet yang yang dipastikan keluar sebagai pemenang, mereka ialah Mutaz Essa Barshim (Qatar) dan Gianmarco Tamberi (Italia).

Baca Juga: 119 Atlet Sampang Siap Berbicara di Kancah Regional Jatim

Karena tidak ada yang melakukan pelanggaran, keduanya diberi dua opsi, menentukan pemenang dalam satu lompatan atau berbagi medali emas.

"Kami dapat melanjutkan dengan lompatan terakhir," seorang pejabat Olimpiade menjelaskan kepada dua atlet tersebut di trek.

Akan tetapi, Mutaz Essa Barshim dengan cepat menanggapinya. Dia menanyakan apakah dirinya dan juga Gianmarco Tamberi bisa mendapatkan medali emas secara berbarengan. "Bisakah kita memiliki dua emas?” Barshim bertanya kepadanya.

Ofisial itu lalu mengangguk. Sontak saja, kedua atlet itu bergandengan tangan dan bersorak kegirangan. Itu jelas merupakan momen yang mengharukan dalam turnamen kali ini.

Baca Juga: Bupati Ikfina Berangkatkan Kontingen Mojokerto untuk Berlaga di FORDA 1 Jatim

"Saya melihat dia dan dia melihat saya. Kami hanya memandang satu sama lain dan kami tahu keputusan itulah yang paling tepat," kata Barshim dilansir dari Marca.

"Dia adalah salah satu teman terbaik saya. Tidak hanya di trek, tetapi di luar trek. Kami bekerja sama dalam setiap laga. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Ini adalah semangat sejati, semangat olahragawan. Kami di sini untuk menyampaikan pesan tersebut." Sambungnya dengan antusias.

Di sisi lain, keputusan itu juga membuat Tamberi terharu. Pasalnya, Tamberi mengalami patah pergelangan kaki beberapa hari sebelum Olimpiade Rio 2016.

Baca Juga: Memperkuat dan Laksanakan Sinergitas TNI-POLRI, Poles Blitar Lakukan Olahraga Bareng dengan TNI

Dengan demikian, sejarah unik medali bersama di ajang Olimpiade itu pun tercipta. Ini merupakan pertama kalinya sejak 113 tahun.

Medali emas cabor atletik Olimpiade Tokyo 2020 dibagi menjadi 2. Tamberi dan Barshim telah menunjukkan kesetiakawanan serta menjunjung tinggi semangat sportivitas dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020. Dsy17

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU