Megawati akan Tugaskan Ganjar saat Rakernas PDIP

Momen Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah saat bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati di Jakarta.

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Megawati mulai lentur. Jelang Rakernas PDIP, putri Bung Karno mulai memberikan sinyal penugasan partai terhadap Ganjar Parnowo dan Puan Maharani. Tugas itu akan dimulai acara Rakernas II PDI Perjuangan pada 21-23 Juni 2022.

"Mas Ganjar dan Mbak Puan akan hadir bersama Ibu Mega pada acara Rakernas II PDI Perjuangan tersebut,"Kata Ketua Dewan Pembina LGP (Laskar Ganjar-Puan), Mochtar Mohamad dalam keterangan, Selasa (14/6/2022).

Relawan Laskar Ganjar Puan meyakini Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memberikan penugasan khusus kepada Ganjar Pranowo dan Puan Maharani . Tugas apa, Mochtar belum beberkan. Mochtar Mohamad optimistis keduanya akan datang ke Rakernas partai.

"Berdasarkan hasil kontempelasi tentang pemikiran Bung Karno yang dikaitkan dengan momentum Pilpres. Bisa saja Ibu Hj. Megawati Soekarno Puteri akan memberikan sinyal penugasan Partai terhadap Mas Ganjar dan Mbak Puan," tegas Mochtar.

Mochtar menjelaskan, dalam hasil Survey Charta Politika periode 25 Mei-2 Juni disebutkan bahwa, simulasi tiga nama calon Presiden, elektabilitas Ganjar Pranowo sudah 36,5 persen. Sementara Prabowo Subianto sebesar 26,7 persen, dan Anies Baswedan sebesar 24,9 persen dan yang belum menentukan pilihan hanya sebesar 11, 9 persen. "Artinya hampir semua preferensi pemilih Partai-Partai di parlemen tersedot oleh magnet Ganjar Pranowo," ucapnya.

Namun, keputusan ini tetap saja menunggu hasil Rakernas yang akan ditentukan oleh Megawati sebagai ketua umum.

 

Guntur Soekarnoputra

Putra sulung Bung Karno, Mohammad Guntur Soekarno Putera, Pakde Puan ramai dibahas sebagai sosok yang mancairkan persaingan antar sesama banteng moncong putih. Guntur, dijadwalkan akan membuka Munas Laskar Ganjar Puan (LGP) di Blitar, Jawa Timur pada Minggu (19/6/2022) mendatang.

Ketua Umum LGP, Nawang Andi Kusuma menjelaskan, Munas LGP akan dibuka oleh putra sulung Bung Karno, Mohammad Guntur Soekarno Putera. "Munas ini juga akan di ramaikan oleh pawai ratusan becak yang memakai seragam dan bendera Laskar Ganjar Puan," kata Nawang kepada wartawan Senin (13/6/2022).

 

Seluruh Kader Taat

Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar Puan, Mochtar Mohamad menambahkan, Munas LGP di Blitar ini juga bagian dari kegiatan memperingati Haul ke-51 Bung Karno. Menurut dia, bulan Juni merupakan bulan sakral bagi PDI Perjuangan. Di mana, lahirnya Pancasila yang merupakan pemikiran dari Bung Karno pada 1 Juni 1945.

Kemudian pada 6 Juni 1901 merupakan hari larinya Bung Karno dan wafatnya Bung Karno pada 21 Juni 1970. Tak itu saja, Rakernas II PDI Perjuangan juga rencananya akan dilaksanakan pada 21-23 Juni 2022 mendatang yang akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputeri.

Terkait situasi politik saat ini, Mochtar menuturkan, seluruh kader sangat taat terhadap Ketua Umum PDI Perjuangan, apalagi mengenai penugasan kader di legislatif maupun eksekutif. Mochtar beranggapan berdasarkan hasil kontempelasi tentang pemikiran Bung Karno yang dikaitkan dengan momentum Pilpres. Bisa saja, Ketua Umum PDI Perjuangan memberikan sinyal penugasan partai terhadap Ganjar dan Puan di dalam internal partai pada rakernas mendatang.

Menurut dia, hasil survei Charta Politika periode 25 Mei-2 Juni yang dirilis hari ini disebutkan elektabilitas Ganjar Pranowo sudah 36,5 persen, Prabowo Subianto sebesar 26,7 persen, dan Anies Baswedan sebesar 24,9 persen, serta yang belum menentukan pilihan hanya sebesar 11,9 persen.

Preferensi pemilih partai-partai yang ada di DPR RI terhadap Ganjar Pranowo disebutkan PDI Perjuangan sebesar 68,5 persen, Golkar 20 persen, Gerindra 2,4 persen, PKB 20,2 persen, Nasdem 31,7 persen, Demokrat 16,3 persen, PKS 2,4 persen, PAN 29,2 persen,dan PPP 31,3 persen. Artinya hampir semua preferensi pemilih partai-partai di parlemen tersedot oleh magnet Ganjar Pranowo. n blt/er/jk