Melalui Program Sapa Saya, Polda Jatim dan Yayasan Wings Peduli Santuni Ribuan Yatim Piatu

SurabayaPagi, Surabaya - Bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 tahun 2021, Dirlantas Polda Jatim bersinergi dengan Yayasan Wings Peduli dan Pemerintah Kota Surabaya memberikan santunan berupa bantuan sosial untuk anak-anak yang kehilangan orang tua mereka akibat Covid-19 berupa uang tunai senilai Rp.100.000.000.
 
Bantuan ini diberikan langsung secara simbolis di Lapangan Tugu Pahlawan, Jumat, (17/9/2021).
 
Pemberian santunan ini dilakukan bersamaan dengan acara vaksinasi, donor darah, dan pengangkatan orang tua asuh dari kepolisian yang diselenggarakan oleh Dirlantas Polda Jatim.
 
Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo yang didampingi oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman, dan perwakilan Satgas Covid-19 dr Kohar Hari Santoso mengatakan, karena pandemi Covid-19 selama 1,5 tahun ini, banyak anak-anak yang kehilangan kedua orang tuanya akibat covid-19.
 
Karena itu, Dirlantas Polda Jatim berkolaborasi dengan lembaga masyarakat, forum anak, dan pemangku kepentingan lainnya menginisiasi upaya pemulihan psiko sosial terpadu bagi anak-anak dengan orang tua meninggal karena Covid-19.
 
Melalui Program ‘SAPA SAYA’ (Satu Polantas, Satu Anak Yatim Piatu) anak-anak yang menjadi yatim/piatu tersebut, akan segera mendapat pendampingan psikologis dari seluruh anggota lalu lintas seluruh Jawa timur yang berjumlah 5024 orang untuk dilakukan assesmen dan penguatan psikis selama pandemi berlangsung.
 
Apalagi menurutnya, berdasarkan data dari DP3AK Prov Jawa Timur, ada sebanyak 6.198 anak-anak yang menjadi yatim/piatu akibat orang tuanya meninggal. Karena Covid-19. Untuk itu, ia ingin kepolisian juga bisa bergerak membantu anak-anak tersebut.
 
"Apa yang kita laksanakan ini mungkin tidak akan menyelesaikan semua permasalahan yang dialami oleh seluruh anak yaim/piatu, namun kami berharap kegiatan ini dapat mengurangi sedikit beban hidup yang mereka hadapi," kata Wakapolda Jatim.
 
Sementara itu, menurut Muljo Kuntjoro, Perwakilan dari Yayasan Wings Peduli mengatakan, sinergitas peduli anak yatim piatu karena Covid-19 adalah jalan yang wajib ditempuh oleh seluruh warga Indonesia agar bersama-sama mengatasi pandemi ini secara tuntas, terutama dengan memperhatikan para generasi penerus bangsa yang menjadi yatim piatu.
 
"Apa yang kita laksanakan ini mungkin tidak akan menyelesaikan semua permasalahan yang dialami oleh seluruh anak yaim/piatu, namun kami berharap kegiatan ini dapat mengurangi sedikit beban hidup yang mereka hadapi," pungkasnya. By