Melempem, Kylian Mbappe Gagal Eksekusi Penalti

Kylian Mbappe. SP/ Reuters

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Laga Prancis vs Swiss harus diselesaikan lewat babak tambahan atau extra time setelah berakhir 3-3 di waktu normal. Kegagalan Timnas Prancis itu membuat semua sorotan tertuju kepada sang penyerang, Kylian Mbappe.

Banyaknya harapan menjulang tinggi untuk Kylian Mbappe di ajang EURO 2020, namun sayangnya ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan di mana Mbappe justru malah menjadi biang kerok gugurnya Prancis dari EURO 2020.

Bahkan jika ditarik garis besarnya, performa Mbappe soal mencetak gol juga bisa dibilang buruk. Meski begitu, pelatih Prancis Didier Deschamps menunjuk Kylian Mbappe untuk menjadi salah satu eksekutor di babak tos-tosan.

Kylian Mbappe melewati tiga laga Fase Grup F Piala Eropa 2020 tanpa satu gol pun saat Prancis bertemu Jerman, Hungaria hingga Portugal. Puncak nasib sialnya adalah saat Mbappe jadi penendang kelima dalam drama adu penalti.

Menurut laporan Opta Joe, Mbappe telah melepaskan 14 tembakan di Piala Eropa 2020 (tidak termasuk penalti), tetapi tidak ada yang berbuah gol.

“Sangat sulit untuk membalik halaman. Kesedihan luar biasa setelah eliminasi ini, kami tidak dapat mencapai tujuan kami. Saya minta maaf atas penalti ini. Saya ingin membantu tim, tetapi gagal,” tulis Mbappe di Instagram-nya, Selasa (29/6/2021).

“Tidur akan sulit, tapi sayangnya pasang surut olahraga ini yang sangat saya sukai. Saya tahu, Anda para penggemar kecewa, tetapi saya masih ingin berterima kasih atas dukungan Anda dan untuk selalu percaya pada kami,” lanjut pernyataan Mbappe.

“Yang paling penting adalah bangkit lebih kuat untuk tantangan berikutnya yang akan datang. Selamat dan sukses untuk Swiss,” sambungnya.

Tiga gol Prancis dicetak oleh Karim Benzema (57, 59) dan Paul Pogba (75'). Sedangkan gol balasan berhasil dicetak oleh Swiss lewat dua tandukan Haris Seferovic (20', 81) dan Mario Gavranovic (73'). Sedangkan gol balasan berhasil dicetak oleh Swiss lewat dua tandukan Haris Seferovic (20', 81) dan Mario Gavranovic (73').

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak tambahan waktu kedua, tak ada tim yang mampu mencetak gol kemenangan. Dengan hasil ini, pemenang dari Prancis vs Swiss bakal ditentukan lewat babak adu penalty. Namun, hasil Skor Akhir dari babak penalti, Swiss berhasil menyingkirkan Prancis dari Euro 2020. Dsy14