Memotivasi Pelajar Surabaya di Tengah Pandemi LewatTeleconference

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 14 Mei 2020 16:36 WIB

Memotivasi Pelajar Surabaya di Tengah Pandemi LewatTeleconference

i

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menggelar teleconference yang diikuti oleh ribuan pelajar kelas III SMP se-Surabaya .SP/ALQ

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sebagai seorang Ibu dari anak-anak se-Kota Surabaya, tentunya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini merasa kangen kepada anak-anaknya itu. Makanya, demi melepas kangen tersebut dan demi memotivasi pelajar Surabaya itu, Risma menggelar teleconference yang diikuti oleh ribuan pelajar kelas III SMP se-Surabaya.

Pada kesempatan itu, Risma kemudian memberikan motivasinya kepada para pelajar itu. Menurutnya, kondisinya saat ini memang berubah, karena anak-anak itu harus belajar di rumah dengan didampingi oleh orang tua dan gurunya, namun ia meminta semangatnya tidak boleh berubah. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Sediakan Pelayanan Kesehatan di Pustu-Posyandu

“Semangat kita tidak boleh berubah. Tidak boleh malas-malasan dan tidur-tiduran terus kalau di rumah, kalian harus selalu semangat belajar seperti dulu sebelum ada Covid-19 ini,” katanya.

Risma memastikan bahwa para pelajar itu adalah masa depan bangsa, sehingga semua pihak mengharapkan anak-anak itu berhasil dan sukses di kemudian hari. Bahkan, Risma memastikan bahwa semuanya itu sangat mungkin terjadi jika mereka mau berusaha dan terus rajin belajar.

“Harus ditanamkan dalam diri kalian. Aku tidak boleh kalah. Semuanya akan aku lawan. Tidak peduli dari Indonesia maupun luar negeri. Aku akan menjadi kebanggaan Indonesia. Kalian pasti bisa, karena kalian anak-anaknya Bu Risma. Ayo semangat,” katanya.

Setelah selesai memberikan motivasi, kemudian Wali Kota Risma memberikan kesempatan untuk bertanya. Mereka pun banyak yang bertanya, termasuk ada pertanyaan tentang belajar di rumah hanya menyelesaikan tugas guru. Akhirnya, Risma pun kembali memberikan motivasinya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bagikan 6 Ribu Paket Sembako Serentak di 31 Kecamatan

“Kalian belajar itu bukan untuk siapa-siapa, untuk kalian sendiri dan masa depan kalian. Jadi, mulai sekarang harus berjuang sendiri untuk masa depan kalian sendiri. Bukan hanya untuk menyelesaikan tugas, tapi tujuannya untuk menyelamatkan masa depan kalian sendiri,” imbuhnya.

Seusai memberikan motivasi, Risma mengatakan bahwa teleconference dengan para pelajar itu untuk memberikan semangat supaya daya kompetisinya tetap terjaga dan tidak turun. Sebab, mereka sudah tidak bertemu di dalam kelas, sehingga ada kemungkinan daya kompetisinya semakin menurun. “Nah, saya ingin menjaga semangat mereka itu supaya tidak turun,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Supomo mengatakan teleconference kali ini diikuti oleh ribuan pelajar se-Kota Surabaya, khususnya Kelas III SMP. Yang ikut teleconference via aplikasi ZOOM memang terbatas hanya 250 siswa, sedangkan pelajar lainnya melalui aplikasi lainnya seperti streaming Youtube dan aplikasi lainnya. “Jadi, totalnya ribuan, karena info ini sudah kami sebar ke semua sekolah,” kata Supomo.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Tertibkan Reklame Tak Berizin

Ia menjelaskan bahwa pemberian motivasi via online itu merupakan permintaan langsung dari Wali Kota Risma. Sebab, ia ingin memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak di tengah pandemi ini. Bahkan, Wali Kota Risma juga ingin memberikan gambaran singkat tentang pandemi ini, sehingga harus dilawan bersama-sama sesuai dengan protokol yang ditetapkan pemerintah.

“Ibu juga kangen anak-anak, karena kan selama ini Ibu selalu intens bertemu anak-anak, sehingga dengan aplikasi ini, beliau ingin melihat langsung wajah anak-anak itu,” pungkasnya.Alq

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU