Mencekam, Teror Pembakaran Terulang 3 Kali di Jember

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Agu 2022 12:09 WIB

Mencekam, Teror Pembakaran Terulang 3 Kali di Jember

i

Foto Ilustrasi Pembakaran

SURABAYAPAGI.COM, Jember – Kasus teror pembakaran kembali terjadi di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Rabu (3/08/22). Sebanyak 4 unit rumah, 3 mobil, 25 unit motor, dan 2 poskamling dibakar orang tak dikenal. Sementara itu 1 mobil, 1 truk, dan 1 genset dirusak. Mereka juga menjarah uang sebanyak Rp265 juta.

Kapolsek Sempolan AKP Suhartanto membenarkan terjadinya kembali pembakaran rumah di Desa Mulyorejo tersebut dan menyatakan pihak polisi telah melakukan olah kejadian perkara dan melakukan penyelidikan.

Baca Juga: JFC 2023 Tingkatkan Okupansi Hotel di Jember Sampai 100 persen

"Memang benar terjadi aksi pembakaran lagi di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo. Saat ini kami sudah melakukan penyelidikan dan memeriksa sejumlah saksi. Motif apa yang dilakukan pelaku," kata Tanto pada Kamis (4/8/2022) siang.

DPRD Jember Thabroni  meminta ada tindakan yang tegas dari aparat kepolisian baik dari Polres Jember dan Polres Banyuwangi terkait dengan aksi serangan sekelompok orang ke rumah warga di Dusun Baban Timur dan dusun lainnya agar warga tidak resah. Pasalnya, situasi masih mencekam. Bahkan warga tak berani keluar saat malam hari.

"Suasana sangat mencekam di sana karena warga takut rumahnya menjadi sasaran yang dibakar oleh sekelompok warga dari Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi," ujar anggota DPRD Jember, Kamis (4/8/2022) malam.

"Ini saya perjalanan pulang dan benar-benar mencekam. Apalagi medan yang begitu sulit dan gelap. Melihat bapak-bapak, saya berhenti dan bertanya mereka bahkan tidak berani tidur karena takut ada serangan lagi," katanya.

Baca Juga: Jember Fashion Carnival 2023 Gerakkan Ekonomi UMKM

Thabroni berharap pihak Kepolisian melakukan penjagaan ketat di Desa Mulyorejo. Ia khawatir jika pemerintah dan aparat tidak stanby di lokasi akan ada penyerangan lagi.

Rentetan kasus pembakaran rumah dan kendaraan warga di Desa Mulyorejo oleh sekelompok orang tidak dikenal dari Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi terjadi sebanyak tiga kali.

Serangan pertama terjadi pada Minggu (3/7/2022) malam. Terjadi perusakan dan pembakaran terhadap enam rumah warga, gedung sekolah, poskamling, kendaraan roda dua, serta perabotan rumah oleh sekelompok orang yang tidak dikenal sekitar 20 orang di Dusun Patungrejo, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo. Penyerang diduga membalas penganiayaan terhadap Suhar, warga Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, yang dilakukan Ali, warga Patungrejo.

Baca Juga: Budaya Petik Laut Gerakkan Perekonomian Masyarakat Jember

Kejadian pembakaran kedua terjadi  pada sabtu (30/07/2022) yang menyebabkan empat rumah warga, satu unit mobil, beberapa unit sepeda motor, ruko, dan gudang penggilingan padi milik warga rusak karena dibakar.

Serangan ketiga kembali terjadi pada Rabu (3/08/2022) di Dusun Dampikrejo yakni satu unit mobil Katana dan 2 unit sepeda motor milik Qosin yang diduga dilakukan oleh orang tidak dikenal. jb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU