Mendag Lutfi: Harga Bahan Pokok Masih Normal di Pasar Wonokromo

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meninjau harga bahan pokok di Pasar Wonokromo Surabaya. SP/ NT

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meninjau harga bahan pokok di Pasar Wonokromo Surabaya untuk mengetahui secara langsung bahan pokok naik atau tidak, Selasa (20/4/2021).

Dalam kunjungannya, dia didampingi Sekjen Kemendag Suhanto, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Very Anggrijono, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kasan, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Walikota Surabaya  Eri Cahyadi, Dirreskrimsus Poldal Jawa Timur  Kombes Pol Farman, Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur  Darajat Irawan, Wakil Pimpinan Perum Bulog wilayah Jawa Timur, Ketua KPPU Jawa Timur Dendy, dan Satgas Pangan Polda Jawa Timur.

Dalam tinjauannya tersebut, Lutfi menengok beberapa penjual bahan pokok di pasar tersebut, salah satunya ke pedagang cabai dan kacang-kacangan. Dia mengatakan bahwa harga cabai rawit masih normal. 

"Harga cabai hari ini sudah turun dibilangan Rp 60 ribu per kilogram, cabai rawit merah dan didukung harga cabai yang lainnya," kata dia, Selasa (20/4/2021).

Kemudian untuk harga daging sapi juga masih normal di angka Rp110 ribu per kilogram. Lutfi menilai bahwa harga itu paling murah karena di Jawa Timur sebagai penghasil daging. 

"Harga yang lain gula sudah sesuai harga eceran tertinggi Rp 12.500. Tepat pada harganya, karena penghasil gula juga di Jatim," ujar dia. 

Selanjutnya Lutfi menyebut harga minyak goreng masih stabil. Berdasarkan data dari Siskaperbapo per 20 April harganya Rp14 ribu-27 ribu. 

Mantan Dubes Indonesia Untuk Amerika Serikat itu memberi selamat kepada pemerintah setempat bahwa harga bahan pokok di Jatim masih terpantau baik dan stabil.  "Harganya terjangkau untuk puasa Ramadhan dan Idul fitri," kata Lutfi. 

Ketua Satgas Pangan Kombes Pol. Farman Satgas menjelaskan, terkait perkembangan harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H di Jawa Timur terbilang stabil. " Harga stabil dan stok kebutuhan pangan tercukupi, hingga Idul Fitri," terangnya.

Sementara itu, pedagang pasar Prianto mengaku harga bawang merah, bawang putih dan cabai masih normal. Harganya mulai dari Rp 27 ribu-Rp 30 ribu per kilogramnya. 

Dia menyebut kenaikan harga bahan pokok mulai muncul ketika mendekati hari lebaran. "Kurang lima hari biasanya sudah naik. Kan, kemarin karyawan banyak yang libur," pungkas Prianto.

Berikut Harga Kebutuhan Pokok di wilayah Pasar Wonokromo Surabaya:   

Harga Cabe Rawit Rp. 50.000/kg, Harga Cabe Merah Besar Rp. 40.000.-/Kg, Harga Cabe rawit hijau Rp. 25.000/kg, Harga Bawang merah Rp. 32.000/kg, Bawang Putih Rp. 23.000/kg, Daging Ayam Rp. 38.000/kg, Daging Sapi Rp. 110.000/kg, Telur Ayam Boiler Rp. 24.000/kg, Gula Rp. 12.000/kg dan Minyak Goreng Curah Rp. 14.000/kg. nt