Mendag Pastikan Impor Beras Berhenti Per 16 Februari 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 06 Feb 2023 10:45 WIB

Mendag Pastikan Impor Beras Berhenti Per 16 Februari 2023

i

Foto ilustrasi.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan bahwa pemerintah bakal menghentikan impor beras per tanggal 16 Februari 2023. Ia menuturkan, penghentian impor beras itu dilakukan setelah sisa beras impor sebesar 300 ribu ton masuk ke Indonesia di bulan Februari 2023.

Dari jumlah 300.000 ton tersebut, kata Zulhas, yang sudah masuk ke Indonesia sebanyak 190 ribu ton. Artinya, ada 110 ribu ton kuota impor beras yang belum masuk.

Baca Juga: Ngabuburit di 'Kebon Ramadhan' KBS: Berburu Jajanan Takjil hingga Sembako BULOG

"Ya sudah fix (stop impor berasnya) Tanggal 16 Februari. Kan kemarin udah masuk 190 ribu ton sekarang sisanya dari 300 ribu ton, sisanya masuk 16 Februari," kata Zulhas di Hotel JS Luwansa Jakarta, beberapa waktu lalu.

Usai periode itu, Ia menyebut, Perum Bulog harus fokus pada tugas lain yakni menyerap beras hasil panen raya petani pada Maret 2023 mendatang.

"16 Febuari itu terakhir masuk dan suruh habisin langsung agar harganya turun karena Maret udah panen," ujarnya.

Adapun saat ini, Zulhas menuturkan bahwa pihaknya akan meminta perum Bulog untuk mengoptimalkan pendistribusian beras impor sampai dengan tenggat waktu tersebut. Hal ini dilakukan agar harga beras di pasaran bisa kembali kembali stabil.

Baca Juga: Amankan Stok Pangan Jelang Idul Fitri, RI Impor Beras 22.500 Ton dari Kamboja

Sebagai informasi, sebelumnya Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi juga mengatakan bahwa impor beras sebanyak 300.000 ton  akan datang ke Indonesia sebelum panen raya tiba pada Maret 2023. Sehingga ia memaskan bahwa tak akan ada lagi impor beras menjelang panen raya.

Arief menyebut, impor beras ini merupakan langkah pemenuhan target 500.000 ton kebutuhan cadangan beras pemerintah (CBP).

 “300.000 ton akan datang segera. Kesempatan kita sampai Februari ini, setelah itu kita semua panen raya, tidak ada alternatif untuk impor lagi, kita akan setop, jadi 500.000 hanya bridging sampai panen raya, panen raya nanti kalau menurut BPS akan ada Februari akhir,” ujar Arief di Gedung Bulog, Jumat (13/1/2023).

Baca Juga: BPS: Impor Beras RI per Januari – Februari 2024 Tercatat 880,82 Ribu Ton

Lebih lanjut, ia menambahkan, beras impor yang masuk ke Indonesia tidak akan mengganggu harga beras petani. Pasalnya, menurutnya, beras impor hanya digunakan untuk kegiatan pengendalian harga dan pemenuhan pangan di tengah kondisi darurat/bencana melalui Perum Bulog.

Bahkan, pihaknya menjamin bahwa penggunaannya akan diawasi secara ketat guna memastikan tidak masuk ke pasar.

“Kita pastikan betul beras komersial (impor) ini tidak akan mengganggu beras dalam negeri produksi petani,” tuturnya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU