Mendag Zulkifli Hasan Resmikan Lima Pasar Kota Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 20 Mar 2023 15:13 WIB

Mendag Zulkifli Hasan Resmikan Lima Pasar Kota Mojokerto

i

Mendag Zulkifli Hasan dan Wali Kota Ning Ita saat meresmikan 5 pasar di Kota Mojokerto

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan lima pasar di Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

Lima pasar tersebut yakni Pasar Rakyat Ketidur, Pasar Tematik Ketidur, Pusat Kuliner Skywalk Majapahit, Pasar Hewan Sekar Putih dan Pusat Grosir Sepatu.

Peresmian lima pasar tersebut dilakukan Mendag Zulkifli Hasan di sela-sela meninjau aktivitas jual beli antara pedagang dan pembeli serta ketersediaan bahan pokok di Pasar Rakyat Ketidur, Senin (20/3) siang.

Pasar Rakyat Ketidur dibangun dengan anggaran Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Dana Tugas Pembantuan APBN Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp. 3,2 milyar.

Sedangkan 4 pasar lainnya dibangun menggunakan APBD Kota Mojokerto tahun anggaran 2021 dan 2022.

"Pasar Ketidur Kota Mojokerto sangat bagus karena mengusung konsep Majapahitan," ujar Zulhas.

Ia menegaskan, keberadaan pasar rakyat dari dulu hingga sekarang memiliki fungsi yang sangat penting sekali. Karenanya ia mengimbau, agar pasar rakyat nantinya tidak ketinggalan zaman, maka harus terus dikembangkan sesuai kebutuhannya.

"Jadi harus dikembangkan secara online. Jualan online itu mampu meningkatkan omzet 3 hingga 4 kali lipat,” terangnya.

Masih kata Zulhas, Kementerian Perdagangan saat ini terus mengembangkan ekosistem perdagangan yang baik.

Semisal, menjembatani hubungan antara pedagang dengan perbankan. Sebab biasanya untuk berkembang, pedagang itu kurang modal. Maka pertemuan dengan pihak perbankan harus rutin dilakukan.

"Kedepannya, retail modern itu produknya disuplai UMKM pasar rakyat. Pasar rakyat dapat market, retail modern dapat harga yang bagus. Jadi ekosistem ini yang harus diatur, sehingga masing-masing pihak bisa berkembang,” pesannya.

Lebih jauh dikatakannya, pihaknya juga membuat sekolah import yang biayanya gratis. Peserta akan diajari bagaimana membuat packaging yang menarik agar kualitasnya meningkat. Termasuk juga digembleng cara untuk mempromosikannya.

“Perlu diketahui, saat kita ekspor ke Asean, Korea, Pakistan, Palestina, Tiongkok, Jepang dan Australia, produk kita tidak dikenakan pajak karena sudah ada perjanjian dengan Kementerian Perdagangan Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan meskipun Kota Mojokerto terbilang kecil, namun sektor Re perdagangan dan jasa mendominasi PDRB.

"Hal inilah yang menjadikan sektor UMKM menjadi potensi besar yang kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan kami duking sepenuhnya dengan berbagai fasilitas pemasaran perdagangan yang memadai," ujarnya.

Ning Ita menyebut, peran dan kontribusi sektor perdagangan dan UMKM sebagai penopang pertumbuhan ekonomi nasional sangatlah strategis. Bahkan terbukti mampu menjadi salah satu penentu konsistensi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas di tengah ketidak pastian ekonomi global.

"Sektor perdagangan kecil dan menengah serta UMKM juga menjadi salah satu sektir yang membawa pengaruh cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto. Setelah sempat terdepresiasi cukup drastis di tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 sebesar minus 3,69 persen," ungkapnya.

Dengan berbagai upaya, lanjut Ning Ita, termasuk pemberdayaan UMKM dan Koperasi serta program-program pemulihan ekonomi lainnya, di tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto berhasil tumbuh positif di angka 3,65 persen.

"Dan di tahun 2022, pertumbuhan ekonomi kita sudah meningkat menjadi 5,56 persen," pungkasnya. Dwi

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU