Mengapa Kedelai Mahal? Ini Penyebabnya!

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 07 Jan 2021 15:13 WIB

Mengapa Kedelai Mahal? Ini Penyebabnya!

i

Grafik Harga Rata-Rata Kedelai Eks Impor Jawa Timur 30 Hari Terakhir.  SP/ RIA SUKMA SARI

SURABAYAPAGI, Surabaya-Naiknya harga kedelai sejak pertengahan November 2020 lalu dan melambung hingga awal 2021 ini sungguh mengejutkan para pengusaha tahu tempe sampai-sampai para penjual gorengan pinggir jalan.

Berdasarkan informasi yang beredar di lapangan, naiknya harga kedelai dikarenakan oleh keterlambatan impor dan gagal panen karena datangnya musim penghujan

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

Dikonfirmasi dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo, dugaan utama kenaikan harga kedelai adalah karena kedelai masih impor dari Amerika.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Dilansir dari catatan Bloomberg, kondisi cuaca kering di Amerika sebagai produsen kedelai merupakan faktor utama proyeksi kenaikan harga kedelai.

Kemudian Second Wave Covid 19 di banyak negara produsen dan di Indonesia menyebabkan terhambatnya pasokan dan keluar masuknya ekspor impor.Lalu proses distribusi antar wilayah di Indonesia yang mulai tersendat karena mulai ada pembatasan.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Terakhir dikarenakan menurunnya daya beli sehingga mengakibatkan harga terkontraksi."Empat sektor yang saya sebutkan tadi merupakan dugaan penyebab kenaikan harga kedelai saat ini," ujar Hadi saat dihubungi Surabaya Pagi, Kamis (07/01/2021).ria

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU