Mengenal Cryptocurrency, Pengertian, Pemanfaatan, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 21 Jul 2022 14:06 WIB

Mengenal Cryptocurrency, Pengertian, Pemanfaatan, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

SurabayaPagi.com :Mungkin istilah cryptocurrency belum terlalu akrab bagi sebagian orang. Namun, kamu pasti setidaknya pernah mendengar tentang Bitcoin. Simak penjelasan mengenai cryptocurrency, kegunaan, serta kelebihan dan kekurangannya dalam artikel berikut.

Cryptocurrency adalah sebutan untuk mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga. Jika dalam transaksi pada umumnya bank berperan sebagai pihak ketiga, dalam cryptocurrency, tidak ada yang berperan sebagai perantara.

Transaksi cryptocurrency berasal dari jaringan komputer yang menggunakan algoritma perhitungan tertentu. Perhitungan matematis ini disebut cryptography yang menggunakan teknologi blockchain. Bitcoin adalah jenis cryptocurrency pertama dan terbesar.

 

 

Prinsip Cryptocurrency

Untuk lebih memahami cryptocurrency, simak penjelasannya dalam setiap karakteristik berikut:

  • Digital: Cryptocurrency adalah uang digital atau virtual, sehingga tidak memiliki wujud nyata layaknya uang koin atau uang kertas.
  • Peer-to-peer: Cryptocurrency diteruskan dari pengirim kepada penerima secara online.
  • Global: Cryptocurrency bersifat global dan berlaku di semua negara selama negara tersebut mengakui cryptocurrency.
  • Dienkripsi: Tidak seperti rekening bank yang menggunakan nama asli, identitas asli tidak digunakan dalam akun cryptocurrency. Pengguna disembunyikan tetapi semua orang dapat melihat semua transaksi yang terjadi di blockchain. Selain itu, tidak ada batasan atau aturan untuk apa transaksi cryptocurrency digunakan.
  • Terdesentralisasi: Bank tidak berperan sebagai pusat penyimpanan uang. Cryptocurrency tidak dikelola oleh server pusat, itu sebabnya disebut terdesentralisasi.

Meski demikian, seluruh transaksi tetap tercatat dalam blockchain. Pencatatan dilakukan oleh penambang cryptocurrency. Penambang adalah orang yang menjalankan server dan berperan dalam memverifikasi transaksi. Caranya yaitu dengan memecahkan teka-teki cryptography rumit untuk memvalidasi transaksi. Jika berhasil, penambang akan mendapat komisi berupa uang digital yang dapat dipakai.

Menambang uang digital ini memerlukan sederet software dan pemecahan algoritma komputer. Perangkat yang digunakan haruslah komputer dengan spesifikasi khusus dan canggih, serta penyimpanan data yang besar.

Blockchain ibarat buku besar yang berisi data setiap transaksi. Siapa saja dapat mengakses platform ini meski tidak melakukan transaksi virtual.

Truthless: Pengguna dapat saling mengirim uang secara online tanpa harus mempercayakan uang atau informasi pada pihak ketiga (dalam hal ini pihak bank).

Pemanfaatan Crypto

Dari sekian banyak pemanfaatan dari crypto yang paling banyak menarik perhatian masyarakat adalah metaverse crypto. Metaverse adalah proses transaksi yang dilakukan dalam dunia virtual menggunakan alat pembayaran berupa kripto. Dunia metaverse adalah sebuah inovasi baru yang cukup populer akhir-akhir ini.

Berbicara mengenai metaverse atau dunia virtual erat kaitannya dengan cryptocurrency. Tidak memungkirinya, pasalnya hampir semua jenis kripto diperjualbelikan oleh siapapun melalui dunia virtual metaverse tersebut.

Saat ini cryptocurrency masih menjadi salah satu aset yang cukup menarik untuk dikoleksi. Bahkan kini nilainya bisa menghasilkan banyak cuan karena memiliki nilai fluktuatif yang tinggi.

Metaverse Crypto Adalah Alat Transaksi Masa Depan

Istilah cryptocurrency tidak bisa lepas dari dunia metaverse. Saat ini cryptocurrency  masih menjadi salah satu aset yang cukup favorit diperdagangkan dalam metaverse.

Seperti yang Anda tahu, metaverse merupakan ruang virtual yang menghubungkan pengguna satu dengan yang lainnya melalui pengalaman yang berbeda. Dunia nyata dan dunia virtual tidak lagi ada sekat saat menjajal metaverse.

Karena pengguna dapat masuk dan berinteraksi dengan pengguna lain di dalam ruang dimensi berbeda yaitu di dalam dunia virtual. Banyak juga yang mengatakan kalau metaverse merupakan replika dari dunia nyata.

Di dalam dunia metaverse juga terdapat berbagai hal seperti yang ada di dunia sesungguhnya. Interaksi sosial, belanja, bekerja, bisnis, dan banyak lagi lainnya. Nah, cryptocurrency ini menjadi alat transaksi saat ini di dalam dunia metaverse. Itulah kenapa kedua istilah tersebut saling berkaitan dan disebut dengan metaverse crypto.

Apa Hubungan Aset Kripto Blockchain dengan Metaverse?

Blockchain adalah teknologi yang mencatat transaksi secara permanen, biasanya dalam database terdesentralisasi dan publik yang disebut ledger. Sistem perekaman terdesentralisasi ini sulit untuk diretas atau dikendalikan.

Sejatinya, blockchain memungkinkan pengguna untuk memiliki barang digital di dunia virtual. Artinya, pengguna tidak hanya akan memiliki NFT di dunia nyata, tetapi juga memilikinya di dunia maya. Selain itu, metaverse tidak dibangun oleh satu grup atau perusahaan tertentu. Kelompok yang berbeda akan membangun dunia virtual berbeda di masa depan. Sehingga dunia tersebut dapat dioperasikan dan membentuk metaverse.

Ketika dunia virtual dapat dioperasikan, blockchain akan mengotentikasi bukti kepemiikan barang digital pengguna di kedua dunia virtual. Pada dasarnya, ketika pengguna dapat mengakses wallet kriptonya di dunia maya, ia juga akan dapat mengakses barang-barang kripto yang dimiliki.

Manfaat Metaverse Bagi Bisnis dan Kasus Penggunaannya

  1. Membuka Peluang Pemasaran Baru

Metaverse adalah dunia virtual di mana pengguna yang diwakili oleh avatar dapat berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan rekreasi, dan belajar. Percaya atau tidak, ada beberapa peluang pemasaran yang luar biasa di dalam dunia maya ini dan banyak merek memanfaatkan peluang ini.

Manfaat metaverse dalam pemasaran juga memungkinkan Anda untuk berkreasi dan membuka peluang pemasaran di banyak game.

  1. Ruang Kantor Virtual

Selama pandemi, kita telah terbiasa dengan Zoom, Skype, Microsoft Teams, dan alat komunikasi lainnya untuk berkomunikasi secara virtual. Namun, manfaat metaverse dapat membawanya ke tingkat selanjutnya dengan menyediakan ruang kantor virtual kepada pengguna yang akan membuatnya terasa seakan semua orang berada di ruangan yang sama.

  1. Tur Virtual ke Seluruh Dunia

Untungnya, teknologi saat ini memungkinkan kita untuk mengalami perjalanan tanpa harus berada di lokasi secara fisik. Di sinilah metaverse, Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality muncul. Dunia yang imersif dengan konten realistis akan meningkatkan imajinasi audiens dan memungkinkan mereka menikmati lokasi melalui pengalaman orang pertama yang luar biasa, seperti seolah benar-benar berada di tempat tersebut.

  1. Ruang Belajar Virtual dari Rumah

Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor pendidikan. Hal ini telah memaksa murid sekolah hingga mahasiswa untuk belajar dari jarak jauh dengan banyak tantangan yang menyertainya. Sementara platform seperti Zoom memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan guru, dosen, dan satu sama lain, masih ada hambatan yang tidak dapat diatasi dengan teknologi tersebut. Metaverse menjanjikan pengalaman online gabungan, di mana satu avatar dapat berpindah antar ruang – seperti dari ruang kuliah ke laboratorium sains.

Miliki Crypto Metaverse di Aplikasi Pintu

Pintu merupakan platform jual beli crypto dari PT Pintu Kemana Saja, perusahaan investasi asal Indonesia. Pintu diluncurkan pada April 2020 dan semenjak itu melesat menjadi salah satu platform trading crypto terbaik di tanah air.

Aplikasi pintu termasuk aman dan legal karena telah mengantongi izin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEPTI), badan yang berwenang mengawasi perdagangan mata uang crypto di Indonesia.

Pintu memiliki jargon “instant trading” dan “easy investment”, dengan menjanjikan setiap investasi yang dilakukan di Pintu adalah aman, mudah, dan menghasilkan keuntungan.

Platform trading yang digunakan Pintu adalah aplikasi mobile yang bisa dipasang pada smartphone maupun tablet yang berbasis Android dan iOS. Tidak hanya fasilitas jual beli, Pintu juga membekali investornya dengan informasi menarik dan tanya jawab terkait aset crypto.

Nah, kini kamu sudah mendapat pencerahan mengenai cryptocurrency. Berminatkah kamu untuk menggunakannya?. ***

 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU