Menkes Terawan Berbicara di WHO Berbagi Pengalaman Tangani Pandemi Corona

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 05 Nov 2020 21:40 WIB

Menkes Terawan Berbicara di WHO Berbagi Pengalaman Tangani Pandemi Corona

i

Terawan Agus Putranto, Menteri Kesehatan RI. Sp/Menkes

 SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- World Health Organization (WHO) mengundang Menkes Terawan Agus Putranto, untuk berbicara dan berbagi pengalaman soal penanganan pandemi corona. Indonesia dinilai berhasil tangani pandemi corona. Jadwal ceramah Terawan, disiarkan dalam konferensi pers dengan tiga negara pada Jumat hari ini (6/11).

Dalam undangan itu, Menkes Terawan akan diajak berdiskusi langsung dengan Dirjen WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus. Jadwalnya, Dr. Tedros akan ajak menteri kesehatan dari dua negara lainnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Zanariah Terima Penghargaan dari Menteri Kesehatan

WHO menganggap pertemuan ini penting untuk tukar pikiran warga dunia, terkait masalah dan strategi penanganan corona di berbagai negara. Diharapkan ada kesamaan cara penanganannya, sehingga bisa bermanfaat untuk solusi ke depannya.

"Dengan terus meninjau dan mengadaptasi strategi respons saat ini, mengidentifikasi apa yang bekerja dengan baik dan tidak, dan menerapkan pelajaran yang didapat, negara-negara mungkin memiliki kesempatan untuk mengubah lintasan wabah COVID-19,” kata Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Budi Hidayat, di Jakarta, Kamis kemarin (5/11). Budi bersyukur, Indonesia dianggap WHO bisa mengendalikan pandemi.

 

Undangan ke Terawan

Baca Juga: WHO Selidiki COVID Varian 'Eris', Picu Kematian Secara Tiba-Tiba?

Dalam surat undangan yang diteken oleh Jaouad Mahjour, Asisten Direktur Jenderal Kesiapan Darurat WHO, kepada Menteri Terawan dinyatakan, selama pandemi ini, penting bagi negara-negara untuk terus merefleksikan strategi respons mereka yang sedang berlangsung. Juga menyesuaikan pendekatan mereka sesuai kebutuhan untuk memperkuat kesiapsiagaan dan kapasitas respons.

Tiga menteri kesehatan, termasuk Terawan, akan bertemu dengan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Tedros akan mendengarkan masukan dari mereka mengenai tindakan dalam penanganan Covid-19 atau tinjauan intra-tindakan (intra-action review/IAR).

IAR adalah sebagai ajang berbagi pengalaman lantaran Indonesia dinilai sukses melakukan penanganan Covid-19.

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

Dalam IAR diharapkan langkah-langkah yang dilakukan Indonesia bisa menjadi contoh untuk meningkatkan respons terhadap wabah Covid-19.

Selama ini, Menteri Terawan, kerap dikritik terkait penanganan Covid-19. Kritik dilakukan secara terbuka hingga surat tertulis. Apalagi menteri berlatar belakang dokter militer itu kerap tidak muncul di publik dalam menjelaskan perkembangan Covid-19.” Ini karena Menkes Terawan, lebih banyak berpikir dan bekerja ketimbang berbicara,” kata pejabat Dinkes Provinsi Jatim, semalam.

Sementara itu, kasus penularan Covid-19 di Indonesia saat ini masih cukup tinggi, kendati dalam beberapa hari terakhir sempat berada di level 2.000-3.000 kasus baru per hari. jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU