Menko PMK Melakukan Kunjungan Kerja di Madiun dalam Rangka Penurunan Stunting

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 11 Mar 2022 17:40 WIB

Menko PMK Melakukan Kunjungan Kerja di Madiun dalam Rangka Penurunan Stunting

i

Menko PMK Muhadjir Effendy saat melakukan kunjungan kerja di kecamatan Mejayan,Kabupaten Madiun, Jumat (11/3/2022). SP/Min

SURABAYAPAGI.COM, Madiun - Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) melakukan kunjungan kerja di kecamatan Mejayan,Kabupaten Madiun, Jumat (11/3/2022). 

Dalam kunjungan Menko PMK di Madiun, Muhadjir didampingi oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami dan tim Pendamping stunting wilayah Kabupaten Madiun yang di dampingi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati.

Baca Juga: Angka DTKS di Madiun Turun Jadi 348.912 Jiwa

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengajak seluruh kepala OPD, Forkompinda dan sektor lain yang terlibat dalam percepatan penurunan stunting untuk menunjukkan komitmen kabupaten Madiun dalam aksi penurunan stunting. Kepada Muhadjir Effendy, Ahmad Dawami mengutarakan bahwa kesuksesan penurunan stunting di Kabupaten Madiun tidak terlepas dari kolaborasi lintas sektor. 

"Pada tahun 2024, pak presiden menargetkan angka stunting nasional yaitu 14%. Perlu kami laporkan kepada pak Menko kalau pada tahun 2019 stunting di Madiun masih 24,94%, namun di tahun 2021 sudah menjadi 15,9%. Dan kita masih ada waktu sampai tahun 2024, sehingga tetap kita jaga semangat kita agar kita bisa membuktikan bahwa penurunan stunting yang diinginkan pak Presiden ini bisa kita capai," ungkap Ahmad Dawami. 

Erna menambahkan, seperti yang sudah dilakukan oleh Ahmad Dawani di Kabupaten Madiun, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur selain membentuk Tim Pendamping Keluarga, juga telah menggandeng lintas sektor serta membuat beberapa inovasi untuk mencapai target 14% di tahun 2024. Yang terbaru, BKKBN Jatim telah membentuk konsorsium dari Perguruan Tinggi yang akan mendampingi 18 wilayah di Provinsi Jawa Timur. 

"Di level provinsi, BKKBN Jatim juga telah membentuk tim ahli dari unsur perguruan tinggi dan kita siap mendampingi 18 wilayah Kabupaten Kota dengan irisan kriteria prevalensi stunting, AKI dan AKB tinggi, serta daerah yang termasuk dalam kemiskinan ekstrim," ungkap Erna. 

Baca Juga: Tekan Harga Pangan, Pemprov Jatim Gelar Gerakan Pangan Murah di Madiun

BKKBN Jatim sampai saat ini telah membentuk 31.243 tim pendamping Keluarga dan sedang membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting yang nantinya akan berkolaborasi dengan Konsorsium Perguruan Tinggi. Untuk dukungan pendanaan, BKKBN Jatim telah menyiapkan DAK BOKB yang didistribusikan ke 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 

Dalam dialognya, Muhadjir Effendy berharap, setelah Presiden menerbitkan Perpres No. 72 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan BKKBN diberi mandat untuk menjadi ketua aksi tersebut, kita semua bisa bergerak bersama untuk memperbaiki SDM generasi selanjutnya. 

Indonesia menjadi negara yang kurang maju karena sebagian SDM masyarakat Indonesia saat ini, dulunya adalah mantan stunting.

Baca Juga: Operasi Pasar Digencarkan untuk Turunkan Harga Bapok

"Pak Presiden sangat ingin menurunkan stunting itu karena Beliau berharap pada tahun 2045 anak-anak kita bisa menjadi SDM yang tangguh. Karena hanya itu cara agar negara kita bisa berkompetisi dengan negara lain dan menjadi bangsa yang besar, "ujar Muhadjir Effendy.

Dialog di Pendopo Kantor Kecamatan Mejayan siang kali ini telah menyepakati satu hal yaitu semua yang hadir di forum ini memiliki visi yang sama untuk terus menggugah semangat semua sektor terkait dan ikut dalam aksi percepatan penurunan stunting, baik di Wilayah Kabupaten Madiun maupun di Indonesia. Min

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU