Menko Polhukam Geram Temukan Video Pengakuan Jaksa Terima Sogokan HRS

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Mar 2021 21:21 WIB

Menko Polhukam Geram Temukan Video Pengakuan Jaksa Terima Sogokan HRS

i

Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Sebuah video berisi pengakuan jaksa yang disuap terkait kasus Habib Rizieq Shihab (HRS), bikin geram Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD dan Jaksa Agung.

Baca Juga: Yusril Tersenyum, Mahfud Ingatkan Kesaksiannya MK = Mahkamah Kalkulator, Pandangan Usang

Setelah diusut, video yang viral di kalangan publik itu terjadi tahun 2016 di Madura, bukan urusan dengan terdakwa Habib Rizqie yang kini diperiksa di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Aparat hukum kini mengusut penyebar video tersebut.

Mahmud MD, mendesak aparat penegak hukum mengusut penyebar video berisi pengakuan jaksa yang disuap terkait kasus Rizieq Shihab. Mahfud menegaskan video yang viral di kalangan publik itu adalah hoaks.

Pernyataannya ini disampaikan Mahfud melalui akun Twitter resminya, @mohmahfudmd. "Sengaja memviralkan video seperti ini tentu tentu bukan delik aduan, tetap harus diusut," tulisnya dikutip Minggu (21/3/2021).

 

Tak Terkait dengan Rizieq

Ia mengatakan video pengakuan Jaksa AF tersebut terjadi pada 2016 lalu di Sumenep, Madura. Kejadian tersebut tidak terkait sama sekali dengan kasus Rizieq yang saat ini dalam proses sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Baca Juga: Kini, Kabag Keuangan Lamongan Diperiksa KPK

"Video ini viral, publik marah ada jaksa terima suap dalam kasus yang sedang diramaikan akhir-akhir ini. Tapi ternyata ini hoaks: penangkapan atas jaksa AF oleh Jaksa Yulianto itu terjadi 6 tahun lalu di Sumenep. Bukan di Jakarta dan bukan dalam kasus yang sekarang," imbuhnya.

 

Suap di Sumenep

Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak telah membantah video tersebut berkaitan dengan kasus Rizieq.

Video mengkaitkan dengan penjelasan Yulianto selaku Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi pada Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus kepada media pada tahun 2016.

Baca Juga: 2 Crazy Rich Jakarta dan Surabaya, Ditahan Kejagung

“Video penangkapan seorang oknum Jaksa oleh Tim Saber Pungli Kejaksaan Agung adalah peristiwa yang terjadi pada bulan November tahun 2016 yang lalu, dan bukan merupakan pengakuan Jaksa yang menerima suap kasus sidang Habib Rizieq Sihab,” ujarnya.

Masih Leo, penangkapan oknum Jaksa AF di Jawa Timur tersebut terkait dengan pemberian suap dalam penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi Penjualan Tanah Kas Desa di Desa Kali Mok, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Video ini viral sampai diterima redaksi Surabaya Pagi, dari seorang pengacara, Minggu (21/3/2021) pagi. Dalam video berjudul “Terbongkar kasus Jaksa terima suap kasus Habib Rizieq. Innalillahi, semakin hancur wajah hukum Indonesia.”

Video ini hanya merekam pernyataan seorang pria yang menyatakan menemukan uang Rp 1 , 5 miliar di rumah kos jaksa. Tapi tak ada penjelasan kasus Habib Rozieq. jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU