Menkop Teten Sebut Penyaluran KUR Klaster Capai Rp4,8 Triliun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Des 2022 14:49 WIB

Menkop Teten Sebut Penyaluran KUR Klaster Capai Rp4,8 Triliun

i

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Dok. Kemenkop UKM.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan, realisasi penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) Klaster per 26 Desember 2022 telah mencapai Rp4,8 triliun  Angka tersebut setara 96,7 persen dari target penyaluran yakni sebesar Rp4,9 triliun.

Hal tersebut disampaikan Teten dalam Refleksi 2022 dan Outlook 2023 di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta Selatan, Senin (26/12/2022). Adapun dana tersebut telah disalurkan kepada 1,39 juta debitur.

Baca Juga: Menteri Koperasi Ajak Menkopolhukam Sita Aset Bos KSP Senilai Rp 70 Triliun

"Target kita baru 4,9 triliun dan sudah realisasi sekitar Rp 4,8 triliun atau 96,7 persen penyerapannya," kata Teten

Sebagai program baru, menurut Teten, capaian penyerapan anggaran tersebut sudah cukup baik.

“Ini saya kira cukup bagus, tapi kami ingin terus perbesar," ujarnya.

Perluasan penyerapan KUR Klaster juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bagian untuk memperkuat ekonomi nasional.

Teten menilai adanya KUR Klaster memberikan dampak positif terhadap pelaku usaha. Penyaluran KUR Klaster ini memungkinkan setiap pelaku usaha mendapatkan pembiayaan hingga Rp 500 juta per orang.

Baca Juga: Dari Rp 106 T Baru Rp 15 T, Dikembalikan ke Nasabah

"Sehingga ini jadi punya potensi untuk mendorong UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya," terangnya.

Selain itu, dengan adanya KUR Klaster, pemerintah mendorong UMKM untuk bermitra dengan usaha besar sehingga UMKM mampu menjadi bagian dari rantai pasok industri.

Adapun sejak 2017, total pembiayaan KUR hingga saat ini telah mencapai Rp1,3 triliun. Kemudian, realisasi KUR per Desember 2022 telah mencapai Rp360 triliun dari alokasi penyaluran sebesar Rp373,17 triliun pada tahun ini.

Baca Juga: Promosikan Koperasi Nakal, Menkop UKM Disorot DPR-RI

Sementara untuk tahun 2023 pemerintah telah menyalurkan anggaran Rp 460 triliun. Mengenai penyaluran tahun depan, pihaknya saat ini tengah menghitung besaran anggaran yang disalurkan melalui KUR Klaster.

Namun, Teten memastikan anggaran pada tahun 2023 akan lebih besar. Pasalnya, sudah diamanatkan Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

"Saya sudah dapat arahan dari Presiden dan Menko Ekonomi dan kemarin kita exercise ini dan Presiden minta semakin diperbesar," pungkasnya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU