Menperin Melihat Langsung Serbuan Vaksinasi Gotong Royong di Gresik

Menperin Agus Gumiwang dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa ketika berada di PT Smelting, Gresik. SP

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Gresik untuk melihat langsung serbuan vaksinasi berbasis industri di PT Smelting, Desa Roomo, Kecamatan Manyar.

Kehadiran Menperin RI dan Gubernur Jatim ke Kota Industri disambut hangat oleh Bupati Fandi Akhmad Yani, Wabup Aminatun Habibah, Kapolres AKBP Arief Fitrianto dan pejabat terkait lainnya.

Pada vaksinasi dosis pertama Astrazeneca ini diberikan kepada karyawan PT Smelting dan masyarakat sekitar perusahaan. Vaksinasi dijadwalkan selama tiga hari dimulai pada 12 Agustus sampai 14 Agustus 2021.

Pada hari pertama dan kedua ditargetkan sebanyak 750 suntikan vaksin. Sedangkan pada hari ketiga dipatok 1.000 suntikan.

Menperin Agus Gumiwang mengatakan pentingnya vaksinasi. Pihaknya ingin industri tetap produktif. Tetapi kesehatan masyarakat merupakan prioritas. Solusi mengedepankan kesehatan dan produktivitas perusahaan adalah mengejar vaksinasi.

"Pemerintah pusat telah menetapkan program prioritas bagi industri. Lebih khusus lagi pada industri pada aglomerasi seperti di Gresik. Paling tidak mencapai 70 persen," terang Agus Gumiwang.

Jawa timur penyumbang industri terbesar manufaktur. Diharapkan kegiatan industri mendekati normal setelah tercapainya target vaksinasi.

"Kedepannya kita bisa melihat Covid-19 sebagai endemi. Kata kuncinya adalah mengejar vaksinasi." pungkasnya.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terimakasih kepada Menperin RI berkenan meninjau langsung kegiatan vaksinasi dan melepas bantuan oksigen dari PT Linde kepada asosiasi BUMN yang dikoordinir Petrokimia Gresik untuk diserahkan ke Pemprov Jatim guna didistribusikan ke seluruh layanan medik di seluruh Jawa Timur.

Khofifah menyebut akan segera support oksigen konsentrator karena sangat dibutuhkan layanan medik seperti di Pacitan, Magetan, Trenggalek, Ngawi Situbondo dan Bondowoso. "Itu adalah titik-titik yang hari ini sangat membutuhkan oksigen konsentrator," kata Gubernur Khofifah.

Gubernur Jatim berharap mendapat suplai vaksinasi lebih banyak, khususnya untuk industri padat karya karena ini adalah hulunya.