Menpora Ingin Benahi Sepak Bola RI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Feb 2023 20:45 WIB

Menpora Ingin Benahi Sepak Bola RI

i

Zainudin Amali, mendampingi Presiden Jokowi sebelum menemui rombongan Ketua umum PSSI dan beberapa EXCO yang baru saja terpilih.

SURABAYAPAGI.OCM, Jakarta - Presiden Joko Widodo sudah menyetujui Zainudin Amali, mengundurkan diri dari posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Presiden Jokowi tegaskan pengunduran diri baru disampaikan secara informal.

"Secara resmi, secara tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

Namun Jokowi belum mengungkap siapa pengganti Amali. Dia akan menyampaikan hal tersebut setelah resmi diangkat. "Gantinya nanti kalau sudah ada resminya saya bicara," ujar Jokowi.

 

Ingin Cepat-cepat Benahi

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda tidak ingin masuk ke persoalan apakah Jokowi harus secepatnya mencari pengganti Amali di kursi menpora. Namun, Huda mengungkit sikap Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang ingin cepat-cepat membenahi persepakbolaan Indonesia.

"Cepat tidaknya memang lagi-lagi kembali ke Istana ya, ke presiden. Tentu publik dan kita semuanya menghendaki cepat karena kalau melihat Mas Erick kan juga pengin cepat-cepat nih. Dalam rangka transformasi percepatan pengelolaan sepak bola yang lebih baik," kata dia.

 

Diizinkan Fokus ke PSSI

Sebelumnya, Amali melapor kepada Presiden Jokowi soal posisinya sebagai Waketum PSSI. Zainudin menyebut Jokowi telah mengizinkannya fokus menjadi pengurus PSSI.

"Beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk fokus dan konsentrasi fokus kepada sepakbola," kata Amali di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (20/2).

Amali mengatakan dirinya sudah menyampaikan kepada pengurus PSSI untuk fokus mengurus sepakbola. Presiden Jokowi memahami keinginan Amali.

"Dan beliau menyerahkan kepada saya, karena saya menyampaikan kepada teman-teman, saya harus memilih," ujar Amali.

"Dan saya sampaikan kepada Pak Presiden, 'Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola, menjadi pengurus PSSI'. Dan itu dipahami oleh beliau," imbuh Amali.

 

Tak Sulit Pengganti Amali

Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tidak akan kesulitan mencari pengganti Amali sebagai Menpora. Tantowi menyebut Golkar adalah 'kawah candradimuka' tempat pembentukan calon pemimpin bangsa.

"Golkar itu partai kader, jadi saya selalu menyebut bahwa Golkar itu kawah candradimuka. Tempat pembentukan dari calon-calon pemimpin bangsa di berbagai tingkatan," kata Tantowi saat dihubungi, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

 

Airlangga tak Gusar

Tantowi mengatakan Airlangga  tidak akan gusar untuk mencari pengganti Amali. Kader di partainya, lanjut Tantowi, sudah disiapkan untuk posisi apa pun.

"Jadi Ketum dalam hal ini tidak terlalu gusar dan mencari siapa pengganti, karena Golkar itu partai kader dan partainya sudah disiapkan untuk posisi-posisi apa pun," ungkapnya.

 

Bertemu Pelatih Shin Tae-yong

Erick Thohir langsung mempersiapkan Timnas Indonesia usai terpilih menjadi Ketua Umum PSSI. Ia juga sudah bertemu pelatih Shin Tae-yong.

Momen pertemuan itu diunggah Erick di media sosialnya. Terlihat, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu berdiskusi dengan Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia.

"Baru saja selesai meeting pertama dengan coach Shin Tae-Yong. Kami membahas mengenai persiapan Tim Nasional Indonesia. Tunggu tanggal mainnya!" cuit Twitter @erickthohir.

Baca Juga: Jokowi Dituding Lebihi Soeharto

Kemudian, Erick Thohir juga berjanji memberantas mafia sepakbola, masalah laten di sepakbola tanah air. Dan terkait Timnas Indonesia, Erick Thohir juga membentuk Badan Tim Nasional.

Erick Thohir menegaskan tak ada ruang buat pengaturan skor di Indonesia. Menurutnya, pengembangan sepakbola bisa dimulai dengan menciptakan iklim yang sehat.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendukung penuh rencana Ketum PSSI Erick Thohir memberantas mafia match fixing di sepakbola di Indonesia.

 

Komentar Shin Tae-yong

Saya 100 persen setuju dan sepakat untuk perkembangan sepakbola. Memang masalah seperti itu yang jadi kendala sampai saat ini untuk perkembangan sepakbola Indonesia," kata Shin Tae-yong kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

"Jika Pak Ketum memutuskan seperti itu, saya yakin pastinya sepakbola akan menjadi lebih baik lagi," ujar menambahkan.

Ajang terdekat Timnas Indonesia adalah SEA Games 2023 di Kamboja pada 5 hingga 17 Mei mendatang, dan Piala Dunia U-20, yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juli mendatang. n jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU