Mentan SYL Jamin Kualitas Produk Pertanian Terjaga saat Musim Hujan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 06 Mar 2023 14:09 WIB

Mentan SYL Jamin Kualitas Produk Pertanian Terjaga saat Musim Hujan

i

Mentan SYL. Foto: Kementan.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjamin kualitas pertanian tetap terjaga di tengah kondisi musim penghujan. Mengingat beberapa komoditas pertanian, seperti cabai biasanya lebih cepat busuk jika kandungan airnya terlalu banyak.

Ia mengakui bahwa memang produksi tanaman pangan sangat dipengaruhi oleh cuaca. Maka dari itu, Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan sejumlah upaya untuk menjaga produktivitas pertanian.

Baca Juga: SYL, Ngerasa Capek Diborgol Terus-terusan

"Saya menjamin bahwa kualitas yang ada, termasuk sekarang ini menghadapi hujan yang banyak, kita sudah antisipasi," kata Mentan SYL saat melakukan kunjungan ke Pasar Induk Keramat Jati, Senin (6/3/2023).

Menurutnya, menghadapi musim hujan memang diperlukan treatment khusus untuk komoditas pertanian agar kualitasnya tetap terjaga. Paling tidak untuk cabai sendiri dengan kadar air yang rendah bisa bertahan lebih lama di gudang penyimpanan alias tidak gampang busuk.

"Antisipasi kita sesudah dipanen ditaruh diman gudang nya penting, penganginnya penting kalau harus pakai cool storage pakai cool storage. Kalau harus pakai dryer ya pakai dryer," ujarnya.

Baca Juga: Firli Bahuri, Ajukan Praperadilan

Mentan SYL menyadari bahwa saat ini tengah terjadi climate change atau perubahan iklim, sehingga sulit untuk memastikan pergantian musim. Bisa saja terjadi musim hujan yang berkepanjangan, sehingga ada kemarau basah, maupun kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan. Hal-hal tersebut menjadi risiko untuk sektor pertanian di Indonesia.

"Teman - teman harus tahu bahwa iklim dan cuaca sedang menghadapi climate change dunia, ini sangat dinamis, fluktuatif dan ini diperlukan kecepatan untuk menanganinya, kita negara besar, menjaganya tidak semudah seperti merintah-merintah saja," terangnya.

Baca Juga: Menko Polhukam Hargai Firli Bahuri, Lawan

Kendati demikian, ia memastikan ketersediaan maupun kualitas komoditas pertanian tetap terjaga kualitasnya melalui upaya-upaya yang telah dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar petani tidak mengalami kerugian akibat terjadinya fenomena perubahan iklim saat ini.

"Tetapi kita jamin, tidak hanya kuantitasnya nya saja, kualitas hari hasil panen kita, kita harapkan bisa bersaing lah minimal kualitas itu tidak seburuk yang di image-kan orang," tutupnya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU