Menteri Koperasi dan UKM, Inginkan KSBP Penuhi Kebutuhan Pesantren

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 15 Apr 2021 18:11 WIB

Menteri Koperasi dan UKM, Inginkan KSBP Penuhi Kebutuhan Pesantren

i

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat menandatangani prasasti.SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Koperasi Syariah Sarekat Bisnis Pesantren (KSBP), harus mampu memenuhi kebutuhan Pesantren, beserta pengembangan bisnisnya, serta mampu memperkuat warung di sekitar Pesantren, dengan menyediakan barang dagangan yang murah, baik produk besar maupun UMKM. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat kunjungan kerja di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Paciran Lamongan Jawa Timur, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Banyuwangi Jadi Pilot Project Pengembangan UMKM Secara Nasional

Kunker yang mengikutsertakan stakeholder ekonomi dan keuangan syariah tersebut, menteri berkeinginan, hasil produk UMKM di sekitar pesantren bisa diakomodir untuk bisa masuk toserba, sehingga penguatan ekonomi pesantren dan masyarakat bisa benar-benar tercapai, sesuai dengan keinginan presiden.

"Sesuai dengan arahan bapak presiden, agar kementerian bisa ikut memperkuat pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pesantren," ujarnya dihadapan stakeholder ekonomi dan keuangan syariah.

Disebutkan olehnya, kalau pihak KSBP bisa memenuhi itu lanjut Teten panggilan akrab menteri Koperasi, tentu upaya dalam rangka pemberdayaan perekonomian umat dan penguatan koperasi modern ini bisa tercapai, dan kementerian nya akan terus mensupport.

KSBP sendiri kata Teten yang sekarang baru beranggotakan 17 Pondok Pesantren di Jawa Timur ini, bisa terbentuk karena ide dari Kementerian nya sehingga harus terus dipacu, baik secara kualitas maupun kuantitas, sehingga semakin banyak anggota diharapkan pemberdayaan ekonomi pesantren dan masyarakat bisa tercapai dengan cepat.

Baca Juga: Dukung UKM Lokal, UNIQLO Hadir di Unimas District

Sementara itu dalam kunjungannya, Teten Masduki juga memberikan secara simbolis pembiayaan modal kerja Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB) kepada KSBP Jawa Timur.

Abd Ghofur pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat (PPSD) dalam sambutanya mengaku cukup senang dengan kehadiran Menteri Koperasi dan UKM, yang cukup peduli dengan perkembangan Koperasi Pesantren.

Baca Juga: 13 UMKM Ekspor 3.300 Handicraft ke Kanada

Tentu lanjut kiai kharismatik ini, kepedulian menteri ini bisa memacu semangat Koperasi dibawa Pondok Pesantren untuk terus mengembangkan sayap, agar pemberdayaan ekonomi umat bisa tercapai. "Terima kasih pak menteri sudah datang di Pondok peninggalan satu-satunya Wali Songo, di bumi damai Sunan Drajat," ucap kiai  Ghofur mengawali sambutan selamat datang.

Dijelaskan oleh Kiai Ghofur, kedatangan menteri Koperasi dan UKM ke Pondok Pesantren Sunan Drajat cukup tepat, karena pondok ini sudah mempunyai berbagai unit usaha, sebagai pemberdayaan ekonomi pesantren. jir 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU