Football is Coming to Rome!

Menunggu 53 Tahun untuk Piala Eropa

Euforia pemain timnas Italis saat memenangkan Euro 2020 usai mengalahkan Timnas Inggris di laga final

SURABAYAPAGI.COM, London -  "Football is not coming home, but Football is coming to Rome".  Itu kata-kata sindiran yang menggema di Wembley Stadium dan jagat dunia maya di dunia, Senin (12/7/2021). Atau sejak Timnas Italia memastikan diri sebagai juara Piala Eropa 2020.

Gli Azzurri menjadi juara usai mengalahkan Inggris di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021), dini hari WIB dalam babak adu penalti.

Hasilnya, Inggris harus kembali gagal merealisasikan hegemoni “It’s Coming home”. Sebaliknya, Italia yang justru membawa pulang trofi Piala Eropa 2020 ke ibukota Italia, Roma.

Kekalahan The Three Lions, membuat banyak suporter Inggris menangis di Stadion Wembley. Bahkan di luar stadion, cenderung terjadi kericuhan. Padahal, sebelum pertandingan dimulai, para suporter Inggris telah berpesta seakan sudah pasti menjuarai Piala Eropa 2020.

Mereka diketahui berbondong-bondong memaksa masuk ke dalam stadion. Hingga sampai terjadi aksi baku hantam antar sesama pendukung Inggris. Namun, euforia itu dapat dimaklumi. Sebab, Inggris sudah 55 tahun tidak merasakan final turnamen besar.

Inggris terakhir kali menjadi finalis saat menjuarai Piala Dunia 1966 yang berlangsung di kandang mereka sendiri. Setelah itu, Inggris selalu jadi tim penggembira dalam setiap turnamen yang diikuti mereka.

Kesempatan untuk memutus tren buruk itu hadir di final Piala Eropa 2020. Akan tetapi, Inggris justru kalah 2-3 dari Italia dalam babak adu penalti setelah bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Saat Inggris terpuruk, Italia justru berpesta di Stadion Wembley. Sebab, Gli Azzurri mendapatkan trofi Piala Eropa kedua mereka setelah 53 tahun lalu bisa menjadi juara Piala Eropa pertama kali di rumah sendiri, pada 1968.

Namun, meski Italia merengkuh Piala Eropa, Gli Azzurri ini bukanlah tim tersukses dalam sejarah Piala Eropa. Adalah Jerman dan Spanyol sebagai tim tersukses di Piala Eropa dengan koleksi tiga trofi. Setelah kedua tim itu, ada Prancis dan Italia dengan dua trofi.

Meski begitu, fakta tersebut tidak mengurangi kebahagiaan para pemain Italia. Leonardo Bonucci dan Jorginho bahkan bernyanyi di Lorong menuju ruang ganti pemain.

“It’s coming Rome,” nyanyi kedua pemain itu dalam video yang diunggah ke Instagram Bonucci, @bonuccileo19.

Dengan hasil ini, Tim Negeri Pizza berhasil mengakhiri penantian mereka selama 53 tahun sejak terakhir kali memenangi Piala Eropa pada 1968. Saat itu Italia berhasil mengalahkan Yugoslavia 2-0 di babak final. fit/ita/cr2/rmc