Meski Pandemi Covid, Produksi Ikan di Lamongan Penuhi Target

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 16 Feb 2022 18:09 WIB

Meski Pandemi Covid, Produksi Ikan di Lamongan Penuhi Target

i

Kapal Nelayan bersandar dan menjanjakan ikannya di tempat pelelangan ikan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI,COM, Lamongan - Meski di tahun 2021 situasi masih dilanda pandemi covid-19, namun demikian realisasi produksi ikan laut, baik laut dan tambak  di Lamongan masih penuhi target.

Kepala Dinas Perikanan Lamongan, Yuli Wahyuono menyebutkan, jika produksi ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) maupun di luar TPI dari laut dan perairan umum darat (PUD) telah sesuai dengan target yang diinginkan.

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Disebutkan olehnya, untuk target produksi ikan laut pada tahun 2021 mencapai 76.413,54 ton dan terealisasi 80.031,93 ton (104,74 persen). Sementara untuk yang PUD targetnya adalah 3.131,17 ton dan yang terealisasi yakni 3.123,46 ton (99,75 persen).

Sehingga, Yuli menambahkan, dari total target tersebut akumulasi realisasinya berjumlah 104,54 persen. Secara rinci, ikan laut yang dari TPI ini berasal dari 5 TPI, meliputi TPI Lohgung, Labuhan, Brondong, Kranji, dan Weru.

"Untuk produksi ikan yang dari PUD ini di antaranya 1.308,76 ton berasal dari sungai, 896,71 ton berasal dari waduk, dan 918 ton berasal dari rawa," imbuhnya.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Lebih jauh, supaya lebih meningkatkan target hasil tangkapan ikan, Yuli mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lamongan berupaya melengkapi ikan sarana dan prasarana penangkapan bagi nelayan.

Selain itu, tambah Yuli, Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan juga terus membina kelompok nelayan, sehingga kemampuan menangkap ikan mereka akan semakin meningkat.

"Selain peningkatan produksi ikan tangkap, kami juga mengampanyekan budidaya ikan kerapu dan rajungan, sekaligus memproduksi olahan ikan agar lebih memiliki nilai jual tinggi dan mendongkrak perekonomian masyarakat," tandasnya.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Sekadar diketahui, wilayah perairan pesisir Lamongan memiliki panjang sekitar 47 km, yang terbentang mulai dari Desa Weru hingga Lohgung. Sementara untuk sungainya seluas 1.007,5 km, waduk 2.388 km, dan rawa 1.462 km. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU